SHARE THIS ARTICLE

Sebagai sebuah negara kepulauan, Jepang tidak pernah kekurangan pantai, meskipun kamu hidup di Tokyo, ada saatnya di mana satu-satunya hal yang yang melambangkan laut adalah lautan manusia itu sendiri. Setelah selama hari kerja pulang pergi dihabiskan teraduk-aduk di kereta yang penuh, sangat mudah menemukan dirimu sendiri mengharapkan lingkungan yang lebih tenang seperti pantai. Dan dengan musim panas seperti ini, banyak sekali pantai yang bisa kita kunjungi untuk bermalas-malasan lebih dari apapun.

Tapi dengan dunia yang sibuk, siapa yang punya waktu untuk duduk di pantai dan bermalas-malasan? Pasti hampir tidak ada! Tapi untuk mereka yang selalu bepergian, ada beberapa stasiun kereta yang setidaknya memberikan pemandangan ke laut dalam perjalananmu ataupun kesibukan apapun yang kamu miliki. Anggaplah ini sebagai sebuah liburan yang bertahan hingga kereta berhenti!

Inilah 12 stasiun di Jepang yang memiliki pemandangan laut yang cantik, tenang dan ada di luar jendela keretamu!

1. Stasiun Kitahama

Terletak di Sea of Okhotsk di timur laut Hokkaido, ini mungkin merupakan adalah satu stasiun terdingin di Jepang, meskipun kamu tidak bisa melihatnya dari dua foto pertama di bawah ini. Meskipun begitu, terbukti bahwa sebuah perjalanan kereta ke stasiun Kitahama akan menyediakan tidak hanya sebuah pemandangan indah dari laut, tapi juga es yang terhanyut! Faktanya, stasiun Kitahama adalah satu-satunya stasiun di Jepang saat ini yang secara berkala menawarkan pemandangan dari fenomena es yang mengambang.

e58c97e6b59ce9a785 e58c97e6b59ce9a785efbc88efbc93efbc89 e58c97e6b59ce9a785efbc88e99baaefbc89

2. Stasiun Todoroki

Mengarah ke pulau utama, stasiun ini terletak di prefektur Aomori yang dekat dengan Laut Jepang, sangat dekat! Saat cuaca berangin, ombak biasanya bisa membasahi rel dan hingga ke stasiunnya. Meskipun diragukan apakah stasiun ini adalah lokasi yang paling praktis, namun tempat ini adalah tempat yang tepat untuk membuat foto yang indah. Bahkan, stasiun ini pernah ditampilkan di iklan JR pada tahun 2002, yang membuat para penggemar stasiun dan kereta pergi ke Aomori. Memang mereka tidak bisa disalahkan, tapi menyelam di laut terdengar menyenangkan saat ini!

e9a9abe69ca8e9a785 e9a9abe69ca8e9a785-2

BsjhWVbIAAAxFn-.jpg small

3. Stasiun Nebukawa

Terletak di prefektur Kanagawa, tempat ini adalah satu-satunya stasiun di jalur utama Tokaido antara Tokyo dan Kobe yang tidak berawak, meskipun tempat ini merupakan tempat yang cukup terkenal saat tahun baru. Tempat ini juga menyediakan pemandangan yang menakjubkan dari laut terbuka.

e6a0b9e5ba9ce5b79d-3 e6a0b9e5ba9ce5b79d nebukawa

4. Stasiun Shimonada

Tempat pemberhentian lain yang tak berawak, stasiun Shimonada terletak di prefektur Ehime pada jalur Shikoku Yosan. Pernah ditampilkan pada sejumlah poster dan iklan JR lainnya, stasiun ini telah menjadi terkenal di kalangan para pecinta kereta dan fotografer di seluruh penjuru negeri Jepang sebagai lokasi untuk berfoto yang mempesona. Tempat ini bahkan memiliki halaman Facebook-nya sendiri!

e4b88be78198e9a785  e4b88be78198e9a785-3e4b88be78198e9a785-2

5. Stasiun Baishinji

Stasiun lain yang ada di prefektur Ehime, stasiun Baishinji tidak hanya dikenal karena lokasinya, meskipun jelas sekali keindahannya. Stasiun tersebut menangkap imajinasi yang terkenal pada tahun 1991 berkat sebuah drama televisi Tokyo Love Story, yang menceritakan tentang tiga sekawan dari Ehime yang akhirnya bertemu kembali di Tokyo. Seperti yang bisa kamu tebak dari foto di bawah ini, Rika, salah seorang dari karakter utama acara tersebut, mengikat sebuah “saputangan selamat tinggal” ke pagar dalam sebuah adegan klimaksnya. Para penggemar dari acara tersebut dan para wisatawan telah mempertahankan tradisi tersebut selama lebih dari dua dekade!

e6a285e6b4a5e5afbae9a785-2 e6a285e6b4a5e5afbae9a785 BnQGtWXCcAACJsV.jpg large

6. Stasiun Yoroi

Stasiun di prefektur Hyogo ini tidak terlihat seperti sebuah stasiun, orang bisa salah mengira tempat ini adalah kamar mandi yang tidak terurus dalam sebuah area istirahat antar wilayah, tapi pemandangan dari platform-nya jelas menggantikan itu semua. Bukan hanya stasiun ini tidak berawak, di tempat itu bahkan tidak ada mesin tiket otomatis! Terlepas dari lokasinya yang terpencil, stasiun ini telah menjadi sedikit daya tarik dari para pencinta kereta dikarenakan kemunculannya di beberapa acara TV. Tempat ini juga pernah tampil iklan JR, di mana tertulis bahwa “kamu bisa merasakan angin laut menghempaskan lautan tepat di bawah matamu hanya dengan berdiri di platform-nya.

yoroistation e98ea7e9a785 BisclYBCQAEefYa.jpg large

7. Stasiun Oobatake

Salah satu dari wilayah pedesaan di Jepang, prefektur Yamaguchi juga merupakan rumah bagi stasiun Oobatake, yang terletak tepat di samping lautan. Satu jam perjalanan dari stasiun Shinkansen di Hiroshima, stasiun ini merupakan sebuah tujuan wisata yang luar biasa di bagian negeri ini, kamu juga biasanya hanya akan menemukan kereta lokal.

e5a4a7e795a0e9a785 BdM6W1OCMAAJAai.jpg large

8. Stasiun Oumikawa

Awalnya stasiun di prefektur Niigata ini adalah yang paling dekat dengan laut terbuka di Jepang, meskipun melihat tempat lain di daftar ini, kompetisi untuk mendapatkan kehormatan tersebut sangatlah ketat. Faktanya, jalur kereta api terdapat di sepanjang pantai untuk beberapa mil, tidak hanya membuat stasiunnya saja, tapi juga seluruh rutenya menjadi tujuan yang menyenangkan untuk berwisata. Dan seperti kebanyakan pemberhentian dalam daftar ini, stasiun ini tidak berawak. Lalu bagaimana ya kira-kira cara JR membuat para penumpang membayar tiketnya?

e99d92e6b5b7e5b79d BsiVR7RCcAA8FTi.jpg large

9. Stasiun Yukawa

Terletak di prefektur Wakayama, stasiun Yukawa menyediakan sebuah pemandangan luar biasa tidak hanya laut tapi juga gunung-gunung dari perfektur tersebut. Dan jika kamu merupakan penggemar pantai, stasiun ini hanya seperti sejauh lemparan batu dari Yukawa Kaisui Yokujo (Area Berenang Yukawa). Dan yang terbaik dari semuanya, stasiun ini juga tidak berawak, jadi tidak akan ada orang yang memarahimu karena meninggalkan jejak pasir dan air di platform-nya!

e6b9afe5b79de9a785 e6b9afe5b79de9a785-2

10. Stasiun Umashibaura

Terletak di Tokyo Bay di prefektur Kanagawa, stasiun ini mungkin bukan tempat yang ingin kamu kunjungi dengan badai dan ombak yang besar. Meskipun begitu, tempat ini merupakan tujuan yang luar biasa untuk berwisata. Selain pemandangan di pantainya, para penumpang kereta akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan dari Yokohama Bay Bridge, Tsurumi Tsubasa Bridge, dan kembang api yang diluncurkan dari taman Yamashita di musim panas.

e6b5b7e88a9de6b5a6e9a785 e6b5b7e88a9de6b5a6e9a785-2

11. Stasiun Kamakurakoko Mae

Seperti yang bisa kamu tebak dari nama stasiunnya, stasiun ini terletak di kota Kamakura, prefektur Kanagawa dekat dengan SMA Kamakura. Kota Kamakura, selain dari candi-candinya yang indah, kuil-kuil dan sosis Jerman, tempat ini adalah tujuan yang terkenal akan pantainya yang sangat indah. Stasiun ini menawarkan sebuah pemandangan indah dari laut begitu juga dengan Enoshima, Miura Peninsula, dan bahkan gunung Fuji pada hari yang cerah. Tentunya hal ini merupakan cara yang mengerikan untuk memulai hari-hari bersekolah, bayangkan saja melihat sebuah pantai yang sangat menakjubkan tepat di depan matamu hanya untuk digantikan dengan waktu sejam untuk menghafalkan kata kerja bahasa Inggris!

e98e8ce58089e9ab98e6a0a1e5898de9a785 e98e8ce58089e9ab98e6a0a1e5898de9a785-2 BseS_ehIIAEo5_d.jpg large

12. Stasiun Tagi

Stasiun dengan pantai di depannya terletak di prefektur Shimane, prefektur kedua yang paling sedikit penduduknya di Jepang. Terlepas dari sangat sedikitnya orang-orang di sekitarnya untuk menggunakan fasilitas ini, stasiun Tagi dan wilayah di antara tempat tersebut dengan jalur tetangganya dari stasiun Oda, terkenal sebagai tujuan wisata dan telah muncul di beberapa majalah. Awalnya juga terdapat pohon bunga sakura di samping platform tersebut, yang menyediakan sebuah kesempatan berfoto ketika bunganya bermekaran di musim semi.

CA3A0669 BbPdav9CEAEv0b-.jpg large

COMMENT