SHARE THIS ARTICLE

Lupakan operasi plastik di Korea, sedot lemak di Singapura, atau implan payudara di Amerika. Jika ingin cantik, melancong saja ke Jepang. Bermalamlah di penginapan kecil bernama Kamigoten.

Kamigoten (1)
Pemandian air panas di Kamigoten Ryokan, Jepang (Tanabe City Kumano Tourism Bureau/CNN)

Penginapan itu punya kolam mandi “ajaib”. Baik indoor maupun outdoor, kolam mandi itu bersumber dari mata air terdekat yang tinggi sodium bikarbonat. Berendam di sana, sama seperti mandi kecantikan. Dalam bahasa lokal, berendam di kolam sejenis ini disebut ‘bijin-no-yu‘ alias ‘beauty bath‘.

Dipercaya, kolam mandi Kamigoten itu ampuh mempercantik kulit, menyembuhkan luka maupun penyakit kulit kronis. Bahkan, air di kolam mandi itu juga disebut-sebut bisa membuat awet muda. Apalagi, kolam di luar ruangannya berada persis di pinggir Sungai Hikigawa yang jernih!

Kamigoten (2)
Pemandian luar ruangan (Tanabe City Kumano Tourism Bureau/CNN)

Kolam mandi istimewa itu membuat Kamigoten bertahan sejak 1658. Terletak di Desa Ryujin, pegunungan Kii Peninsula, penginapan itu dibangun seorang samurai legendaris untuk tempat berlibur.

Sejak 1999, lokasi itu terdaftar sebagai salah satu aset budaya Jepang. Layaknya penginapan tradisional lainnya di Jepang, Kamigoten Ryokan merupakan warisan keluarga Ryujin selama beberapa generasi. Pemiliknya saat ini, masih generasi sang samurai, boleh memodernisasi demi kenyamanan pengunjung, namun tak boleh mengubahnya total.

Kamigoten (4)
Tampak luar Kamigoten Ryokan (Tanabe City Kumano Tourism Bureau/CNN)

Kamigoten masih berlantai dua sederhana. Pemandiannya ada yang di luar ruangan dengan dikelilingi batu dan disuguhi pemandangan Sungai Hikigawa yang cantik. Atau, tertutup dalam ruangan dari kayu.

Kamarnya masih tradisional Jepang. Dengan pintu geser dan penyekat kertas. Bahkan makanan yang disajikan pun sangat khas Negeri Sakura. Setiap menu ikan, dipancing langsung dari sungai terdekat. Bahan-bahan masakan diambil dari pegunungan di sekitarnya, dan dimasak di air penuh mineral.

Kamigoten (3)
Makanan sehat yang dimasak di air kaya mineral (Tanabe City Kumano Tourism Bureau/CNN)

Penginapan itu cocok bagi yang ingin merasakan suasana Jepang zaman Edo. Mengutip CNN, per kamar per malam di Kamigoten dibanderol dengan harga 16.200 Yen atau hampir Rp 2 juta. Tertarik mencoba?

Sources :
COMMENT