SHARE THIS ARTICLE

Promo-Film-Finalis

Jakarta, 14 November 2014: Tampak tumpukan amplop berwarna cokelat ukuran A4 menguasai meja panitia. Amplop tersebut berisi kepingan dvd lengkap dengan formulir pendaftaran. Ada seribu lebih karya yang masuk di database panitia lomba film pendek dan animasi HelloFest 10 Anima Expo untuk tahun ini. “Kami sungguh kaget dengan antusias para sineas muda Indonesia, dan ajang kali ini mendapatkan jumlah pengirim film pendek terbanyak sepanjang event ini diadakan sejak tahun 2004” ujar festival director HelloFest, Arie Octaviani.

Gagasan awal HelloFest adalah sebagai acara perayaan bagi alumni lulusan HelloMotion Academy untuk memamerkan karya tugas akhirnya, namun seiring waktu telah menjadi salah satu ajang bergengsi tingkat nasional di mana partisipan tidak hanya dari kota Jakarta, Bandung atau Jogjakarta saja namun sineas asal Lamongan, Ambarawa, Lampung, Padang, Palembang, Denpasar, Ungaran, Bengkulu hingga Pontianak turut berpartisipasi.

Ide penyelenggaraan kompetisi film pendek sejak sepuluh tahun berjalan, memang diakui tidak mudah dan tidak murah. Belum banyak pihak sponsor maupun pemerintah yang mengerti pentingnya kegiatan ini, namun HelloFest tetap mempertahankan idealismenya untuk terus mengagendakannya dan dampaknya jumlah karya yang masuk terus menerus membludak. “Lewat tempat ini, kami ingin terus membakar semangat anak muda agar selalu berani mengekspresikan pemikiran dan pendapatnya lewat medium video dan animasi” tutur Arie.

suasana-hellofest9-2013
Suasana Hellofest 9 (2013)

Jumlah film pendek yang masuk untuk kategori non animasi berjumlah 220 karya, kategori animasi berjumlah 172 karya dan yang cukup mencengangkan adalah kategori “Film 8 Detik Pas!” berjumlah 631 karya. Khusus kategori “Film 8 Detik Pas!” memang baru diselenggarakan tahun lalu namun antusiasnya sangat tinggi, hal ini sesuai dengan pemikiran HelloFest bahwa era sekarang penonton sudah terbiasa dengan media online melalui handphone atau tablet yang membutuhkan konten-konten serba cepat, salah satunya diakomodir dengan storytelling dengan durasi yang singkat.

Berbagai film yang masuk tidak hanya berhenti di event HelloFest, namun panitia sudah berinisiatif memperkenalkan ke ajang festival film internasional. Sejak tahun 2008, HelloFest menjadi komite perwakilan Indonesia dalam event apresiasi seni visual tingkat asia yang diselenggarakan di Tokyo Jepang bernama Asiagraph. Lebih dari 12 penghargaan di Asiagraph telah diraih oleh partisipan HelloFest. September 2014, pihak HelloFest juga mendapatkan kesempatan untuk memutar koleksi terbaik dari Indonesia di festival film pendek terbesar di Inggris yaitu Encounters Festival. “Ini adalah komitmen kami untuk memperkenalkan budaya Indonesia agar kami juga turut diperbincangkan di komunitas film pendek dan animasi tingkat internasional” ujar Wahyu Aditya, penggagas dan chairman HelloFest.

Salah satu karakteristik HelloFest adalah dalam mempertontonkan karya partisipan di hadapan publik. Umumnya sebuah festival film menayangkan di ruang bioskop dengan jumlah tempat duduk tidak lebih dari 500 orang. Konsep HelloFest adalah ingin menyajikannya dalam suasana seperti pertunjukan konser, dihadiri oleh banyak penonton. “Sineas selalu mendapatkan sensasi yang menyenangkan dan susah dilupakan ketika film mereka ditayangkan dihadapan ribuan mata” ujar founder HelloFest yang kerap disapa Waditya. “Tahun lalu ada 4000 orang menonton dan merayakan film pendek di kolam renang Senayan, kali ini kami akan membuat lebih nyaman lagi dengan menggunakan Tennis Indoor senayan.” imbuhnya.

HelloFest juga mengundang beberapa pakar dari luar negeri untuk duduk sebagai juri dalam kompetisi film pendek ini. Antara lain Bastien Dubois dari Perancis yang pernah masuk nominasi Piala Oscar untuk kategori film pendek dan Aki Isoyama, seorang programming manager dari Short Shorts Film Festival & Asia Tokyo Jepang, sebuah festival yang sudah menjadi salah satu qualifying festival untuk Academy Award.

Pemutaran finalis akan dilakukan pada tanggal 22 November 2014, sedangkan untuk seremoni dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 23 November 2014. Seluruh aktivitas HelloFest 10 Anima Expo diselenggarakan di Tennis Indoor dan Plaza Barat Senayan Jakarta.

Tentang HelloFest
Berawal dari inisiatif HelloMotion Academy untuk membuat acara kelulusan bagi siswa-siswinya yang diselenggarakan secara sederhana, HelloFest telah membesar dan menjadi ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek hingga pop-culture.
HelloFest kini menjadi wadah kegiatan yang dinanti berbagai komunitas kreatif untuk ajang temu memamerkan dan memasarkan karyanya.

COMMENT