SHARE THIS ARTICLE

Hari ini Jepang kembali dikejutkan dengan kembalinya negeri Sakura tersebut dilanda gempa berkekuatan cukup besar.

Sekitar pukul 3.15 hari ini (7 Desember 2012) gempa kembali melanda Jepang, kali ini diperkirakan dengan kekuatan sebesar 7,3 pada Skala Richter (SR). Getaran dari gempa yang melanda wilayah pantai timur Jepang tersebut dirasakan hingga wilayah Tokyo.

Sama seperti tahun kemarin, pusat gempa kali ini adalah di Prefektur Miyagi, tepatnya kota Ishinomaki dan sekitarnya. Gempa kali ini juga menyebabkan tsunami dengan ketinggian gelombang mencapai 1 meter. Tsunami tersebut menerjang kota Ishinomaki yang rusak parah akibat gempa/tsunami pada bulan Maret 2011 lalu.

Menurut NHK, selain untuk Prefektur Miyagi, Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk Prefektur Iwate, Fukushima, Aomori dan Ibaraki.

Gempa yang melanda Jepang kali ini adalah gempa bawah laut dengan kedalaman 36 meter di bawah Lautan Pasifik, yang dilaporkan merupakan gempa susulan (aftershock) dari gempa pada bulan Maret 2011.

Hingga saat ini tidak terdapat laporan adanya korban jiwa dalam gempa kali ini, meski beberapa sarana dan prasarana umum mengalami kerusakan dan beberapa orang dilaporkan mengalami cedera, sebagian besar karena terjatuh saat dilakukan proses evakuasi, bukan karena gempa itu sendiri.

source : nasional.lintas.me, news.detik.com, international.okezone.com, facebook.com/dannychoodotcom

pics : facebook.com/dannychoodotcom, nasional.lintas.me

COMMENT