Share on

Untuk pertama kalinya di dunia, brand terkenal dihadirkan lewat fashion show Animal Crossing di mana tentunya ini juga merupakan hal baru bagi dunia game. Bagaimana bisa? 

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Nintendo telah berhasil menjual lebih dari 13 juta kopi game Animal Crossing: New Horizons yang dirilis sejak 20 Maret 2020. Game ini memungkinkan para pemainnya untuk menciptakan pulau dan juga komunitas mereka sendiri dan salah satu yang menarik adalah para pemain juga dapat merancang pakaian mereka sendiri.

Ini adalah salah satu hal yang paling menarik bagi sebagian orang dalam game ini, tidak seperti pada game lainnya yang di mana hanya mendapatkan kostum secara default ataupun yang sudah disediakan. Animal Crossing memberikan kesempatan untuk para pemainnya menciptakan pakaian mereka sendiri, mulai dari pola, lipatan hingga desain yang akan mereka pakai untuk karakter mereka.

Tidak heran apabila pecinta fashion di seluruh dunia dengan hadirnya akun-akun Instagram yang menampilkan design yang terinpirasi dari showcase runway sebuah brand fashion seperti Dior, Sports Banger, dan Louis Vuitton. Sementara untuk brand-brand hi-fashion seperti Valentino, Anna Sui, dan Sandy Liang sampai menciptakan pakaian khusus untuk game ini.

Reference Festival adalah sebuah organisasi fashion di Berlin, Jerman yang melihat potensi untuk membuat Animal Crossing selangkah lebih maju dengan mengadakan fashion show virtual dari karakter game tersebut. Mereka terinspirasi dari Loewe, Prada dan GmbH.

Acara ini dicetuskan oleh seorang fotografer bernama Kara Chung yang juga mengelola akun instagram @animalcrossingfashionarchive beserta seorang stylish bernama Marc Goehring yang merupakan fashion director dari 032c. Dalam wawancaranya bersama Vogue, Kara Chung dan Marc Goehring menjelaskan "bahwa mereka dipertemukan oleh seseorang beranama Evan Garza untuk acara Animal Crossing di art forum, dan dari situ juga mereka berpikirmungkin akan sangat menyenangkan jika melakakukan sebuah kolaborasi, dan jadilah Reference Festival."

Fashion show ini diperlihatkan dalam sebuah video berdurasi 3 menit seperti layaknya acara fashion show di dunia nyata yang prestisius dengan diiringi soundtrack karya Michel Gaubert. Bagi Gaubert "ini adalah pertama kali dia mengerjakannya untuk fashion show digital dan dia berusaha membuatnya seakan-akan mirip dengan fashion show dunia nyata".
Inilah beberapa hasil fashion show kolaborasi antara Kara Chung, Marc Goehring, dan Michel Gaubert:
Koleksi fashion pria dari Loewe musim gugur ( fall season ) 2020, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Koleksi fashion pria dari Loewe musim gugur (Fall Season) 2020 (Kara Chung )
Koleksi dari Balenciaga, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Balenciaga di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show (Kara Chung)
Koleksi dari Bottega Veneta, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Koleksi dari Bottega Veneta, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing Fashion Show ( Kara Chung)
Koleksi dari Fendi, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Koleksi dari Fendi (Kara Chung)
Koleksi dari Valentino, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Koleksi dari Valentino (Kara Chung)
Koleksi dari Louis Vuitton, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Koleksi dari Louis Vuitton yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing Fashion Show (Kara Chung)
Koleksi fashion Chanel musim gugur ( fall season ) 2020, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing fashion show ( Photo: Courtesy of Kara Chung )
Koleksi Chanel musim gugur (Fall Season) 2020, yang hadir di Reference Berlin's Animal Crossing Fashion Show (Kara Chung)