Berita Jepang | Japanesestation.com

Bandai Namco mengumumkan bahwa game online Free-to-play bergenre action RPG Blue Protocol akan mengakhiri layanan mereka di Jepang pada 18 Januari 2025.

Akibat penghentian tersebut, Amazon juga mengonfirmasi bahwa perilisan global untuk game itu akan dibatalkan.

"Kami telah menikmati hubungan yang kuat dengan Amazon Games selama pengembangan Blue Protocol, dan kedua tim kami kecewa karena kami tidak dapat menghadirkan game ini kepada para pemain di seluruh dunia," kata Bandai Namco Online dalam sebuah pernyataan online.

Game dengan grafis bergaya anime ini dikembangkan oleh Project Sky Blue (yang mencakup anggota Bandai Namco Online dan Bandai Namco Studios), diluncurkan pada bulan Juni 2023 untuk para pemain di Jepang. Versi global game ini, yang diterbitkan oleh Amazon Games, direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2024.

Sebelum pemberitahuan penghentian, Bandai Namco secara teratur menambahkan konten baru ke game tersebut. Selain merilis chapter baru, mereka juga sempat mengeluarkan kelas-kelas baru pada Juni 2024.

Meskipun penyebab sebenarnya penutupan game ini belum diketahui, namun Siliconera mengungkapkan bahwa ada masalah dengan Blue Protocol sebelum pengumuman terbaru ini.

Pada Februari 2024, sebuah laporan Bandai Namco menunjukkan bahwa game ini memiliki kinerja yang buruk. Dalam wawancara Famitsu dengan para pengembang pada Juni 2024, Direktur Keisuke Fukuzaki mengatakan bahwa mereka akan mencari tahu kapan para pemain mulai meninggalkan game ini dan akan berupaya mengatasi penyebabnya.

Sebelum mengakhiri layanannya, Bandai Namco juga merilis sebuah video dalam bahasa Jepang yang membahas tentang pengumuman dan roadmap terakhir. 

Sumber: Blue Protocol Official Site, Famitsu, Siliconera