SHARE THIS ARTICLE

Akihabara adalah kawasan yang merupakan “surga” bagi para otaku di mana mereka dapat menemukan apa pun yang mereka inginkan di sepanjang deretan toko yang menjual pernak-pernik bertema anime dan manga, maid cafe, hingga acara bertema anime. Tapi tahukah kalian jika sebelum menjadi pusat budaya “otaku“, kawasan ini merupakan pusat penjualan alat-alat elektronik di masa lalu, seperti yang terlihat pada foto Akihabara di atas yang diabadikan pada tahun 1982.

Seperti dikutip dari asahi.com, setelah krisis energi yang membuat seluruh warga Jepang menderita kesulitan ekonomi, pada awal tahun 1980-an distrik Akihabara di Tokyo menikmati bisnis yang berkembang, yang kemudian dikenal sebagai “kota elektrik”. Bahkan toko-toko di distrik itu yang menjual alat-alat elektronik untuk rumah tangga terlibat dalam perang harga dengan satu sama lain untuk menarik minat para pembeli. Boombox, pemutar kaset portabel/walkman dan televisi berwarna menjadi barang dengan penjualan terlaris pada masa itu.

Akihabara juga pernah disebut sebagai “kota personal computer” dengan bermunculannya toko-toko yang menjual komputer sejak tahun 1980-an.

(photo: Asahi Shimbun)

Source : asahi.com
COMMENT