SHARE THIS ARTICLE
Festival Lentera di Nagasaki menendai perayaan Imlek di Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)
Festival Lentera di Nagasaki menendai perayaan Imlek di Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Perayaan tahun baru Imlek dilakukan di Nagasaki, di Selatan Jepang yang terkenal sebagai kota penyebaran agama Katolik pertama di Jepang dan kota taman miniatur Huis Ten Bosch.

Sekitar 15.000 lentera berwarna-warni dengan objek kota dijadikan bergaya Tiongkok, kemarin (19/2/2015) masyarakatnya merayakan Tahun Baru Imlek dengan Festival Lentera Nagasaki.

Festival dilakukan mulai jam 5 sore hingga jam 10 malam, ribuan orang hadir memadati pusat keramaian di kota Nagasaki tersebut dengan cahaya yang fantastis warna warni indah.

Setelah suasana sore agak gelap sekitar jam 6 sore, di pusat utama tempat menyalakan lentera-lentera tersebut di taman Minato, sebuah patung domba (tahun ini adalah tahun domba) yang tingginya 10 meter, mulai dihidupkan lampunya, sehingga menjadi terang benderang dan mendapat sambutan hangat tepuk tangan meriah dari para pengunjung.

Parade arak-arakan barongsai juga dilakukan yang juga disambut meriah para pengunjung dan wisatawan.

Ikut pula memeriahkan festival tersebut Sabtu (21/2/2015) besok adalah Tsuyoshi Shimoyanagi (46), mantan pemain bisbol profesional Jepang. Kemudian direncanakan tanggal 28 Februari nanti para penyanyi HKT48 juga akan hadir di sana terutama Madoka Moriyasu (17) dan seorang lagi yang juga berasal dari Nagasaki.

Indah sekali lentera ini dan cerah seolah hidup kita penuh kegembiraan jadinya. Saya senang berpartisipasi dalam festival ini,” papar Junichi Kumagi kepada Tribunnews.com, Kamis (19/2/2015) kemarin.

Pria berusia sekitar 30 tahunan ini bersama keluarganya hadir khusus ke Nagasaki dari Saitama. Kumagai mengaku tahu perayaan besar ini dari temannya yang ada di Nagasaki sehingga tertarik dari tempatnya yang jauh khusus ke Nagasaki untuk melihat festival lentera tersebut.

Source : tribunnews.com
COMMENT