SHARE THIS ARTICLE
Aya Hiyoko Matsuri, festival boneka wanita Jepang sampai dengan 5 Maret di Perfektur Miyazaki Jepang. (Foto Koran Pertanian Jepang)
Aya Hiyoko Matsuri, festival boneka wanita Jepang sampai dengan 5 Maret di Perfektur Miyazaki Jepang. (Foto Koran Pertanian Jepang)

Festival boneka wanita Jepang (Hina Matsuri) yang beraneka ragam diperingati sampai dengan tanggal 5 Maret mendatang sebagai puncak peringatannya. Di Kota Aya, Perfektur Miyazaki ada peringatan dan penyajian yang sangat menarik bagi masyarakatnya diselenggarakan oleh koperasi pertanian Jepang (JA) dan Kadin setempat.

Nama festival tersebut adalah Aya Hiyoko Matsuri yang diselenggarakan mulai hari ini sampai dengan 5 Maret mendatang di Kota Aya.

Hiyokoyama (Hinayama) atau perayaan Hina Matsuri merupakan kebiasaan yang dimulai di kota yang sama sejak era Edo. Festival ini diselenggarakan sejak 15 tahun lalu dilakukan oleh masyarakat setempat untuk menarik kunjungan lebih banyak wisatawan.

Kali ini JA sebagai penyelenggara menyiapkan sekitar 20 toko yang ikut meramaikan festival tersebut di samping panorama pembuatan gunung-gunungan yang dihiasi dengan boneka-boneka wanita Jepang dalam rangka Hina Matsuri.

Pajangan tersebut disiapkan oleh 12 orang setempat selama satu bulan dengan lebar 8,5 meter dan kedalaman 6 meter.

Di atas diorama tanah rerumputan buatan dan berbukit itu diletakkan berbagai boneka wanita dengan struktur seperti raja dan ratu serta dayang-dayangnya.

Honda Chie (32), beserta putrinya Yu-wa Chan serta bayinya yang masih 7 bulan yang menyaksikan peragaan diorama tersebut cukup kaget karena sangat besar dan bagus, bertangga-tangga dengan boneka yang banyak.

Di rumah memang ada pula boneka demikian tetapi tak sebesar yang ditampilkan di sini,” katanya lagi.

Source : tribunnews.com
COMMENT