Share on

Buat para penggemar anime atau manga Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata daisuki dan aishiteru, bukan? Dua kata tersebut, daisuki (大好き/だいすき) dan aishiteru (愛してる/あいしてる), memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyatakan dan mengekspresikan rasa suka, dan cinta terhadap pasangan.

Namun, biasanya orang Jepang pada umumnya tidak mengekspresikan rasa kasih sayang mereka secara terbuka dengan kata-kata. Bukan karena mereka tidak menghargai ungkapan cinta, justru karena mereka menganggapnya sebagai hal yang begitu besar dan penting. Sehingga, mereka lebih suka menunjukkan dengan perbuatan, perlakuan, dan perhatian daripada perkataan.

Kata daisuki secara harfiah artinya adalah "Aku sangat menyukaimu", sedangkan aishiteru artinya adalah "Aku cinta padamu". Kata aishiteru dibandingkan dengan daisuki memiliki makna yang sangat dalam. Karenanya, sesuai dengan kultur Jepang, kalimat tersebut hanya digunakan oleh pasangan yang telah menikah atau yang sudah berkomitmen akan menikah.

Jika mengatakan aishiteru kepada pasangan yang baru jadi pacar, sudah pasti mereka akan merasa risih, sehingga jarang sekali ditemukan kata aishiteru di kalangan remaja. Di kalangan remaja, jika menyukai seseorang pada umumnya memakai kata daisuki.

Misalnya: 君のことが大好きです。 "Kimi no koto ga daisuki desu." Artinya, "Aku sangat menyukai semua tentang kamu."

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaannya? Jangan sampai salah menggunakannya ya, minna! ^.^

(Featured image: Ⓒ Japanese Station) Learning Japanese Supported By: Aki no Sora