Share on

Pada tanggal 20-21 Maret 2018 lalu, salah satu grup vokal populer Jepang Perfume telah bekerjasama dengan saluran televisi NHK mengadakan sebuah pertunjukan special live show yang bertajuk Perfume x Technology presents Reframe. Seperti halnya pertunjukan serupa yang diadakan sebelumnya, pertujukan mereka kali ini pun memperlihatkan pertunjukan musik yang didukung oleh penggunaan teknologi terbaru, untuk menampilkan pertunjukan penuh keajaiban yang indah dan berkesan.

Advertise With Us

Pada pertunjukan yang diadakan di NHK Hall di Shibuya, Tokyo ini, gerak-gerik serta tarian ketiga Nocchi, Kashiyuka dan A-chan diatur oleh MIKIKO, sementara desain interaksinya diatur oleh Rhizomatiks. Tajuk penampilan ini , "reframe" sendiri memiliki arti “memberi bingkai yang baru”.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
Cuplikan penampilan Perfume pada lagu Recollect (c) Yosuke Kamiyama

Di awal pertunjukan, lagu yang dibawakan adalah berjudul Recollect. Lagu ini, yang dimulai dengan ditunjukannya tanggal pertunjukan hari tersebut, dan kembali ke 21 September 2005, hari peluncuran Linear Motor Girl, dipertunjukkan beragam video klip mereka yang lalu, dan dengan sistem deep learning, membuat semua cuplikan yang ditayangkan menunjukkan pose yang mirip. Pada lagu kedua, yang berjudul DISPLAY, digunakan projection mapping, yang digabungkan dengan pre-rendered CG, yang menghasilkan beragam efek visual yang diciptakan dengan gabungan dari sinar laser dan gambar.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
Cuplikan penampilan Perfume pada lagu DISPLAY c) Yosuke Kamiyama

Pada lagu ketiga, seperti judulnya, Record, pencahayaan dan projection mapping yang dimunculkan di panggung berganti-ganti, dan dikontrol seluruhnya berdasarkan hasil analisa sampling suara oleh Rhizomatiks Research dari suara ketiga anggota grup vocal tersebut dari mikrofon. Setelahnya, lagu keempat, Butterfly dinyanyikan secara a capella, yang lagi-lagi dianalisis untuk mengatur pencahayaan. Tidak hanya itu, perubahan cahaya, gambar, dan suara pada lagu ini diatur menggunakan data biometrik detak jantung ketiga anggota Perfume. Tidak ketinggalan, pada lagu ini, 24 buah drone kecil terbang dalam formasi dan bergerak mengikuti koreografi lagu.

Lagu kelima dalam pertunjukan kali ini, Secret Secret Reframe Remix dimulai dengan ketiga anggota yang menghilang ditelan panggung dan kembali muncul setelah berganti kostum dengan cepat. Di bawah pencahayaan yang cerah, pada bagian terakhir lagu tersebut bagian lirik “Kimi o” pada lagu tersebut berulang-ulang diputar di latar belakang, dan mengikutinya, kemudian bagian lirik berbunyi “kimi” dari lagu-lagu terdahulu Perfume pun dialunkan mengikuti irama, Tidak hanya kata “kimi”, kata-kata lain seperti “Ai”, “Sekai”, “Omoi”, dan “Hikari” pun dimunculkan dengan efek ini, sementara di latar belakang, ditampilkan gambar-gambar dari masa lalu Perfume yang diberi efek noise.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
Cuplikan penampilan Perfume pada lagu FUSION (c) Yosuke Kamiyama

Pada lagu keenam,  Electro World, sebuah pre-rendered CG diproyeksikan ke layar di belakang ketiga anggota Perfume, dan juga ke lantai panggung, menciptakan gambar yang membuat penonton seakan menyelam ke dalamnya. Sementara itu, pada lagu ketujuh yaitu FUSION, data tiga dimensi ketiga member digunakan untuk memunculkan bayangan yang dimunculkan dengan sumber cahaya virtual yang diproyeksikan ke belakang mereka. Bayangan tersebut akan membesar dan mengecil, mengikuti alunan lagu, dan bergerak persis seperti gerakan yang sedang ditarikan oleh para anggota Perfume.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
Cuplikan penampilan Perfume pada lagu Negai (c) Yosuke Kamiyama

Sebelum acara ini dilangsungkan, Perfume dan NHK membuat sebuah webpage khusus di mana para penonton dapat mengupload foto yang berharga baginya. Setelah dianalisa, foto-foto tersebut dipasangkan dengan adegan dari video Perfume, yang kemudian ditampilkan di panggung pada lagu kedelapan pertunjukan ini, Negai, yang dibawakan oleh group tersebut dengan didahului oleh lagu Three Walks oleh evala.

Lagu terakhir pada pertunjukan kali ini, Mugenmirai, diawali dengan ketiga anggota Perfume yang masing-masing memegang bingkai, sementara proyeksi laser di-mapping secara real time ke dalam bingkai itu. Pada saat yang bersamaan, drone digunakan untuk mentransmisikan gambar AR yang menjadikannya nampak melayang di atas panggung. Setelah bingkai yang dipegang Perfume ditarik ke langit-langit di atas panggung, mereka menyanyi dan menari, dengan diiringi sinar laser serta render grafis yang gerakannya mengikuti gerakan tangan dan tarian ketiga gadis tersebut.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
A-chan(c) Yosuke Kamiyama

Pementasan malam itu ditutup dengan salam oleh ketiga anggota Perfume. “Kami akan sangat senang jika melalui Perfume, anda semua merasa teknologi adalah keberadaan yang hangat dan berada dekat dengan kita. Meskipun yang terlihat di panggung ini hanya kami bertiga, namun sebenarnya ada sangat banyak orang yang mengorbankan banyak waktu dan tenaganya untuk mewujudkan panggung kali ini."

Partner Japanese Station yang berkesempatan meliput langsung acara ini, TK memberi komentar bahwa ia “Sangat bersemangat menontonnya karena Perfume dan teknologi yang disajikan”. Menurutnya, ia “Sangat menikmati konser yang tersaji hari ini, terlebih lagi karena sebelumnya saya melihat sebuah acara tv yang menceritakan kerja keras mereka, dan usaha mereka menggunakan teknologi untuk pertunjukan seperti menggunkan drone.”. Berbicara mengenai drone, ia melanjutkan, “ Pertunjukan hari ini juga menggunakan drone, dan para drone dapat mengikuti tarian denan sangat baik. Ada 24 drone yang terbang dan menari, seperti line-dancer”. Ketika ditanya soal apakah kira-kira yang ingin disampaikan oleh Perfume dengan pertunjukan kali ini, TK menjawab. “Di akhir pertunjukan, para anggota Perfume menekankan bahwa 'Teknologi dapat menyampaikan kehangatan'. Saya rasa inilah hal yang ingin mereka sampaikan hari ini.”

Semua lagu yang ditampilkan dalam pertunjukan Perfume x Technology presents Reframe kali ini, yaitu DISPLAY、Butterfly、Secret Secret、Electro World、FUSION、Negai、dan Mugenmirai , merupakan lagu yang lirik dan musiknya diciptakan oleh YASUTAKA NAKATA.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
Nocchi (c) Yosuke Kamiyama

Bagi kalian yang penasaran dengan pertunjukan ini, namun belum berkesempatan menyaksikan langsung, jangan khawatir, karena pertunjukan live Perfume x Technology presents Reframe ini juga akan hadir pada rangkaian saluran televisi NHK, dengan jadwal sebagai berikut:

Di Jepang

Minggu 29 April 2018, pukul 11:30pm - 12:30am JST di acara “Perfume x Technology presents Reframe” di saluran NHK BS Premium

NHK World Japan

Minggu, 20 Mei 2018, pukul 8:10am - 8:59am, 2:10pm - 2:59pm, 7:10pm - 7:59pm (JST) serta Senin 21 Mei 2018, pukul  2:10pm - 2:59pm JST pada acara  "Entertainment Nippon 2018 Perfume" di NHK World – Japan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penayangan ini, silakan cek di website resmi NHK di sini.

Perfume x Technology presents Reframe, Pertunjukan Live Penuh Keajaiban Yang Diwujudkan Oleh Canggihnya Teknologi
Kashiyuka (c) Yosuke Kamiyama

Kalian juga bisa menyimak tiga lagu di antara yang ditampilkan pada pertunjukan ini yaitu FUSION, Negai dan Mugenmirai pada video berdurasi 18 menit yang di-post di laman Facebook NHK World, atau di akun YouTube NHK World di bawah ini:

(Featured image and all other images (c) Yosuke Kamiyama)