Share on

Siapa sih yang tak kenal dengan serial game Final Fantasy? Salah satu lagunya berjudul Eyes On Me, yang dinyanyikan oleh penyanyi Faye Wong untuk game Final Fantasy VIII sangat populer di seluruh penjuru dunia. Nobuo Uematsu merupakan sosok dibalik suksesnya lagu ini, saat itu pria berusia 59 tahun tersebut bertindak sebagai komposer untuk lagu ballad, yang pertama kali dirilis sebagai single pada tahun 1999 silam, di Jepang.

Namun sayangnya, pada hari Kamis (20/9), Nobuo Uematsu mengumumkan melalui blog pribadinya bahwa ia memutuskan hiatus dari pekerjaan sebagai komposer di tahun 2018 ini untuk beristirahat dan memulihkan diri dari penyakitnya yang tidak diumumkan. Uematsu sendiri berkomentar bahwa keletihannya telah membuat dirinya kesulitan secara mental dan fisik untuk terus bekerja, tapi dia juga mengatakan akan kembali setelah pulih sepenuhnya.

Komposer legendaris dunia game ini sendiri belum dapat memastikan kapan dirinya akan kembali aktif di dunia hiburan Jepang. Minggu lalu, Nobuo Uematsu bahkan telah membatalkan konser bertajuk Game o Irodoru Orchestra, bersama dengan Orchestra Ensemble Kanazawa, yang sedianya digelar pada tanggal 7 Oktober mendatang, karena kesehatannya yang terus memburuk.

Konser di Ishikawa Ongakudo hall akan menjadi konser orkestra pertama yang mencakup kolaborasi antara game Uematsu dengan sutradara game Hironobu Sakaguchi. Keduanya telah bekerja sama dalam berbagai franchise game, termasuk Final Fantasy, Blue Dragon, dan Terra Battle. Uematsu juga mengarasemen game Chrono Trigger (dengan komposer utama Yasunori Mitsuda), anime Blue Dragon, film Final Fantasy VII: Advent Children, Ah! My Goddess: The Movie, dan Guin Saga.

Noubu Uematsu juga baru saja tampil  di Otakon di Washington, D.C. pada bulan Agustus lalu untuk dua konser Final Fantasy.