Share on

Meski masih di tengah masa pandemi, ternyata kita masih bisa dugem dan karaokean dengan lagu Jepang kesayangan kita lho, seperti dalam acara Daijobu∞Stream Vol.2 yang digelar oleh DAIJOBUCLUB® pada Sabtu (19/9) malam lalu. Acara ini menghadirkan pengalaman dugem musik-musik Jepang secara online selama hampir 8 jam!

Advertise With Us

Acara dibuka oleh David Beatt sebagai MC tamu, yang sore itu berdandan layaknya karakter Kiryu Kazuma dari seri game Yakuza dan dilanjutkan dengan DJ-DJ yang tampil bergiliran dengan susunan lagu yang beragam namun khas dengan karakter masing-masing penampil. Sesuai visi yang dimiliki DAIJOBUCLUB®, masing-masing penampil memainkan versi remix aliran musik Jepang seperti J-pop, J-rock, Anisong yang dibalut dengan subkultur Jepang seperti Denpa-kei, Shibuya-kei dan lain-lain.

Konser virtual Daijobu∞Stream Vol.2 japanesestation.com
Daijobu∞Stream Vol.2 (dok. Gaung Musik)

Selain DJ yang tergabung dalam DAIJOBUCLUB®, acara ini juga dimeriahkan oleh 3 bintang tamu, di antaranya Mardial (produser musik dan content creator), SIHK (DJ dari Barong Family—label musik DJ asal Amsterdam), Aya Anjani (penyanyi dan penulis lagu).

Nah, yang unik, penonton konser bisa melibatkan diri dengan mengetik emote dalam kolom chat yang nantinya akan ditembakkan secara live via proyektor ke DJ yang sedang tampil. Asyik kan?

Konser virtual Daijobu∞Stream Vol.2 japanesestation.com
Dokumentasi acara Daijobu∞Stream Vol.2 (dok. Gaung Musik)
Konser virtual Daijobu∞Stream Vol.2 japanesestation.com
Salah satu penampilan di Daijobu∞Stream Vol.2 (dok. Gaung Musik)

“Lewat acara kemarin, saya sangat bersyukur karena akhirnya dapat mewujudkan salah satu keinginan saya dalam menjalankan produksi pertunjukan, yaitu melibatkan interaksi antara penonton di rumah sebagai bagian dari visual panggung secara live. Hal ini terwujud berkat adanya sistem dari Twitch, OBS dan NDI yang membuka berbagai macam kemungkinan terutama dalam masa-masa sulit mengadakan acara di pandemi ini.” kata Izzy, pengarah teknis serta salah satu DJ yang tampil malam itu.

Konser virtual Daijobu∞Stream Vol.2 japanesestation.com
Daijobu∞Stream Vol.2 (dok. Gaung Musik)

Di luar peran sebagai DJ, para pengusung DAIJOBUCLUB® sendiri berangkat dari latar belakang yang beragam. Dari musisi, seniman ilustrasi, pekerja industri periklanan, pembuat film, cosplayer dan lain-lain. Kedepannya, mereka akan terus mencari talenta-talenta unik untuk berkolaborasi dalam acara-acara mereka, seperti gelaran live streaming yang kini sudah mencapai seri ke-2 atas banyaknya permintaan dari para penikmat di komunitas.

“Dalam setiap seri Daijobu∞Stream, kami aktif mencari kolaborator dari kalangan yang berbeda namun dengan visi yang tentunya beririsan, hal ini dapat terjadi karena banyaknya individu-individu bertalenta yang selama ini belum banyak mendapatkan wadah untuk berekspresi, terutama terhadap kultur dan musik Jepang ke masyarakat muda di Indonesia”, tanggap Herald atau krautmilk yang juga merupakan seorang pekerja kreatif di luar DAIJOBUCLUB®.

Konser virtual Daijobu∞Stream Vol.2 japanesestation.com
Salah satu penampilan di Daijobu∞Stream Vol.2 (dok. Gaung Musik)

Aya Anjani pun memberikan pendapatnya.

“Selain menjadi kali pertama saya tampil secara virtual selama pandemi, ini juga kali pertama saya tampil dengan format yang berbeda dari biasanya manggung. Rasanya sungguh unik bisa mendapatkan energi balik walaupun konser diadakan secara virtual. Sebuah pengalaman yang unik dan sangat senang karena bisa bertemu dengan banyak teman-teman yang satu frekuensi”, sahut Aya Anjani, yang Sabtu lalu pertama kali bisa membawakan rilisan terbarunya Roman Romansa (drey. remix) secara live.

Selain menampilkan 13 pengisi acara, Daijobu∞Stream Vol. 2 yang berdurasi 8 jam ini juga menghadirkan 9 DJ dari DAIJOBUCLUB®, antara lain Kifu, OrcaXP, Mashiro, Boyzurabu, xxnorm, izzy, krautmilk, REDSHiFT dan Soba.

Nah, buat kamu yang kemarin tak sempat menonton acara kemarin, siaran ulang dan potongan kemeriahan acara kemarin dapat disaksikan di kanal Twitch DAIJOBUCLUB®. Kamu juga bisa lho berkenalan lebih dekat dengan DAIJOBUCLUB® dengan follow akun Twitter dan Instagram-nya!

Sumber: Press Release Gaung Musik