Share on

Aktor sekaligus penyanyi Hideki Saijo meninggal dunia pada pukul 11.53 pagi pada hari Rabu, 16 Mei waktu Jepang di sebuah RS di Yokohama dikarenakan gagal jantung, pada usia 63 tahun. Aoyama Funeral Home di Tokyo akan melakukan upacara kematannya pada 26 mei mendatang.

Advertise With Us

Di dunia anime, Saijo mungkin paling dikenal melalui lagu Hashire Shojiki Mono, yang merupakan lagu penutup pertama anime Chibi Maruko-chan, dan lagu Turn A Turn, lagu tema pembuka pertama anime Turn A Gundam. Ia juga berperan dalam anime Botchan sebagai tokoh Botchan pada tahun 1980, juga sebagai Sugata Sanshiro dalam anime Sugata Sanshiro pada tahun 1981. Ia juga memerankan tokoh Junji dalam Kuroi Ame ni Utarete, dan memerankan dirinya sendiri dalam Baby Baachan.

Saijo dilahirkan di Hiroshima dengan nama Tatsuo Kimoto, dan melakukan debutnya sebagai penyanyi professional pada tahun 1972. Ia menyanyikan lagu-lagu hits seperti Young Man dan Kidzudarake no Laura. Bersama dengan penyanyi terkenal Hiromi Gou dan Goro Noguchi, mereka bertiga dikenal dengan julukan Shin Gosanke (new select three) karena popularitasnya.

Saijo juga berperan di acara komedi keluarga Terauchi Kantaro Ikka dan memerankan tokoh utama Taiga Makoto dalam film tahun 1974 Ai to Makoto, sebuah adaptasi manga karya Ikki Kajiwara dan Takumi Nagayasu. Ia masih sering melakukan konser dan tampil di televisi meskipun masih melalui rehabilitasi dari stroke otak pada tahun 2003 dan 2011.

(featured image: Anime News Network)