Share on

Jepang tidak hanya terkenal dengan anime-nya saja. Layaknya film hollywood yang selalu mencuri perhatian, film Jepang juga mampu menarik antusias para pecinta film. Tapi tahukah kamu, selain film-film Jepang populer seperti The Ring atau Ju-On, ternyata ada banyak film yang dianggap sebagai film Jepang terbaik, namun tidak banyak diketahui orang. Berikut ini adalah 15 Film Jepang Terbaik Sepanjang masa yang wajib banget untuk kamu tonton!

Advertise With Us

1. Late Spring (1949)

late spring
Late Spring (culturedvultures.com)

Bercerita tentang seorang wanita muda yang dipaksa untuk memilih antara tidak menikah dan hidup bersama ayahnya, atau menikah dan memulai kehidupan baru. Film ini dibintangi oleh aktris legendaris, Setsuko Hara. Late Spring merupakan kisah tentang tradisi yang mencoba untuk menyesuaikan dengan zaman. Film ini juga mungkin menjadi salah satu film paling sederhana yang pernah kamu tonton. Meskipun begitu, film ini tetap menarik karena cerita, dialog, dan performanya.

2. Ikiru (1952)

Ikiru
Ikiru (culturedvultures.com)

Ikiru mungkin menjadi film paling emosional yang disutradarai oleh Akira Kurosawa. Berlatarkan era pasca Perang Dunia II, inti ceritanya berkutat pada birokrasi yang menahun. Dibintangi oleh Takashi Shimura, dalam film ini, ia melalui perjalanan dramatis pad masa perubahan penanganan penyakit parah di Jepang. Ketika dunia di sekitarnya berubah, ini merupakan bagian paling menyenangkan, menyakitkan, juga emosional dalam film ini.

3. Ugetsu (1953)

ugetsu
Ugetsu (culturedvultures.com)

Film ini merupakan film paling dramatis dan puitis dari karya-karya Kenji Mizoguchi. Salah satu yang menjadi ciri khas Ugetsu adalah penggambarannya akan dunia supranatural. Dilukias secara sangat natural.

4. Seven Samurai (1954)

seven samurai
Seven Samurai (culturedvultures.com)

Enam samurai dan seorang lunatik yang ingin membuktikan dirinya diharuskan untuk menjaga desa kecil dari sekelompok preman. Mereka mengancam akan menghancurkan desa kalau penduduk tidak menyerahkan hasil panen pangan yang cukup untuk mereka. Masih menyandang gelar film samurai terbaik, cerita film ini merupkan dongeng yang sering diceritakan dan diproduksi ulang. Seven Samurai layak disebut sebagai film paket lengkap dengan reputasi yang epik.

5. Godzilla (1954)

Meskipun mendapat banyak kritikan, banyak yang setuju bahwa belum ada yang bisa menandingi film original Godzilla ini. Merupakan salah satu film waralaba terpanjang dalam sejarah, dengan lebih dari 30 judul. Meskipun dengan visual yang tidak sebagus film-film zaman sekarang, Godzilla tetap menjadi salah satu film terseram yang pernah diproduksi.

6. Tokyo Drifter (1966)

Tokyo Drifter
Tokyo Drifter (culturedvultures.com)

Seorang MVP dari geng Yakuza yang baru saja dibubarkan dipaksa untuk hidup berkelana. Film ini mungkin menjadi film karya Seijun Suzuku yang paling terkenal. Tokyo Drifter sebenarnya diambil dari beberapa film kriminal bermodal rendah yang menunjukkan sisi berbeda dari Jepang, yang kemudian dikemas menjadi lebih bagus. Termasuk salah satu film noir paling mengagumkan, sosok soliter yang melawan nafsu membunuhnya nampaknya menjadi konsep yang disukai banyak orang.

7. Funeral Paradise of Roses (1969)

funeral parade
Funeral Parade of Roses (culturedvultures.com)

Film ini adalah tipe film yang menceritaka titik masalah dari awal. Saat film dimulai, sudah dapat ditebak bahwa keadaan dalam cerita semakin lama akan semakin memburuk. Tidak hanya menceritakan nilai-nilai sejarah sinematik di Jepang, film ini juga merupakan drama keluarga paling liar dan kelam. Funeral Paradise of Roses benar-benar akan menghipnotis kamu berkali-kali.

8. Merry Christmas Mr. Lawrence (1983)

merry christmas
Merry Christmas Mr. Lawrence (culturedvultures.com)

Berlatar tempat di kamp tahanan Jepang selama Perang Dunia II, film ini menyajikan beragam drama yang terjadi pada era pasca perang. Menceritakan seorang pria yang mencoba tetap bersikap positif di tengah berbagai masalah. Merry Christmas Mr. Lawrence dilengkapi dengan music aransemen karya Ruichi Sakamoto, yang juga menjadikannya unsur tebaik dalam film ini.

9. Tampopo (1985)

tampopo
Tampopo (culturedvultures.com)

Film komedi ini berfokus pada tokoh dua orang pria, dan upaya mereka dalam dunia pembuatan ramen. Tampopo memiliki cerita komedi yang menarik, sedikit berbelok dari cerita keluarga, tekat, dan kesetiaan. Meskipun begitu film ini mengekspesikan hal-hal kecil yang sentiment dengan begitu lembut, sangat sempurna.

10. Akira (1988)

Akira
Akira (culturedvultures.com)

Diadaptasi dari manga yang dirilis tahun 1982 dengan judul yang sama, film ini merupakan kombinasi terbaik dari delirium apokaliptik dan dystopia cyberpunk yang pernah diangkat ke layar lebar. Akira juga menawarkan penggambaran sisi kemanusiaan yang sangat positif.

11. Fireworks (1997)

fireworks
Fireworks (culturedvultures.com)

Disutradarai oleh Takeshi Kitano, meskipun tidak sepopuler film karyanya di tahun 1993, tapi Fireworks tetap pantas berada di daftar film jepang terbaik. Bercerita tentang seorang pria yang akan melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang ia inginkan dan menghapus semua hutangnya. Kitano benar-benar membuat karakter utama dalam film ini sangat dingin, tanpa sedikitpun sisi romantis.

12. Dead or Alive (1999)

DoA
Dead or Alive (culturedvultures.com)

Film yang penuh dengan darah ii bercerita tentang seorang detektif dan gangster yang memulai hubungan kerja yang saling menguntungkan. Dead or Alive merupakan salah satu film Jepang paling kreatif dan tak terlupakan.

13. Spirited Away (2001)

spirited away
Spirited Away (culturedvultures.com)

Seorang gadis muda pindah ke kota baru bersama orang tuanya, tetapi ia malah tersesat dan terjebak dalam dunia arwah. Tidak hanya ceritanya yang menarik, film ini juga mengajarkan banyak hal tentang Jepang. Spirited Away juga terkenal karena detail cerita yang menyentuh tentang keberanian manusia.

14. Departures (2008)

departures
Departures (culturedvulture.com)

Departures menceritakan seorang musisi yang secara tiba-tiba kehidupannya berubah drastis. Fiml ini memiliki fokus yang tajam untuk mengingatkan para penonton akan kematian. Film ini juga memperlihatkan beberapa tradisi dan ritual kematian di Jepang.

15. Shoplifters (2018)

shoplifters
Shoplifters (culturedvultures.com)

Film karya Hirokazu Kore-eda ini memang sudah tidak diragukan lagi. Bercerita tentang sekelompok orang yang memiliki ikatan batin sehingga membentuk sebuah keluarga, meskipun tidak memiliki ikatan secara biologis. Film ini dapat mengingatkan penonton bahwa kelangsungan hidup seseorang sering kali bergantung pada kepercayaan akan orang lain.