SHARE THIS ARTICLE

ennichisai1Little Tokyo Ennichisai Blok M adalah acara tahunan kuliner, seni dan kebudayaan Jepang tradisional dan modern yang diadakan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Sejak tahun 2010. Ennichisai adalah satu-satunya acara Festival Jepang di Indonesia yang paling otentik dengan “Japan’s Shopping Distric Festival”. Tahun ini Ennichisai akan diselenggarakan pada 9-10 Mei 2015.

Dihadiri lebih dari 200 ribu pengunjung setiap tahunnya. Diramaikan oleh 150 stand makanan-minuman dan pernak pernik Jepang. Serta pertunjukkan tradisional seperti Mikoshi, Dashi, dan performance Eisa, Yosakoi dan lainnya juga pertunjukkan modern seperti musik dan cosplay.

Telah mendapatkan pengakuan Walikota Jakarta Selatan tahun 2011 dan masuk ke dalam rangkaian jadwal acara tahunan kota Jakarta.

Always Smile

ennichisai2Always Smile, selalu tersenyum adalah tema dari event tahunan Little Tokyo Ennichisai Blok M tahun ini. Tema ini dipilih karena tujuan utama Ennichisai adalah persahabatan, di mana senyuman merupakan sebuah hal penting yang dapat memperkuat persahabatan. Senyuman jugalah yang membuat Ennichisai selalu ditunggu oleh setiap penikmatinya. Dengan selalu tersenyum, kita akan terus berpikir positif dan optimis terhadap mimpi yang ingin kita capai.

Tema ini juga diangkat untuk mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari para pengunjung dan banyak pihak yang membuat Ennichisai tahun ini dapat dilaksanakan kembali. Dengan dukungan tersebut, senyuman dan semangat kembali menyelenggarakan event akbar ini. Semoga Ennichisai tahun ini kembali memberikan banyak senyuman bagi semua orang.

Traditional Culture x Pop Culture

Beragam kebudayaan Jepang dari Tradisional sampai Pop ada di sini. Tidak seperti festival Jepang lain di Indonesia yang kebanyakan berfokus pada Pop Culture, Ennichisai ingin memperkenalkan Jepang yang sesungguhnya pada masyarakat Indonesia di mana ada keramahan, kerjasama juga perhatian dalam setiap hal yang dilakukan.

Traditional Culture

Mikoshi

ennichisai3Adalah “tandu suci” atau juga sering disebut kuil portable agama Shinto. Pemeluk agama Shinto percaya bahwa Mikoshi adalah kendaraan para dewa di Jepang, untuk berpindah dari kuil utama menuju kuil sementara selama festival atau pindah ke kuil baru. Di Ennichisai Mikoshi akan diarak mengelilingi daerah Blok M – Melawai.

Odori

Odori dalam bahasa Indonesia berarti tarian. Namun di Indonesia Odori lebih sering dikaitkan dengan Pertunjukan Tarian Tradisional Jepang. Terdapat bermacam-macam Odori di Ennichisai mulai dari Awa Odori hingga Yosakoi. Tidak ketinggalan juga pertunjukan Eisa (tabuhan drum Jepang).

ennichisai4Main Stage / Traditional Stage

Masih banyak lagi pertunjukan Traditional Culture Jepang pada Main Stage Ennichisai.

ennichisai5Pop Culture

Pop Culture Stage tahun ini akan disebut sebagai CLAS:H Pop Culture Stage, berkolaborasi dengan event CLAS:H.

ennichisai6CLAS:H yang mengangkat tema “2015 Year of IDOLS” akan membuat Pop Culture Stage Ennichisai. (CLAS:H Stage) 2015 bertebaran IDOL dari Jepang!

ennichisai7
Pink Babies – STARMARIE – Love Android – Faint*Star

Pop Culture STAGE juga akan dimeriahkan oleh banyaknya guest lain seperti,

ennichisai8
Amour MiCo – SAGA – Hiroaki Kato
ennichisai9
1000% BOYZ – Lunar Cosplay Team – REDSHiFT

Dan masih banyak performers lainnya yang turut menyemarakkan CLAS:H Stage Ennichisai tahun ini!

Grand Final CLAS:H!!

Grand Final Kompetisi Cosplay Nasional!

ennichisai10Di CLAS:H Pop Culture Stage hari pertama, Ennichisai akan mengadakan Kompetisi Cosplay Tingkat Nasional yaitu Grand Final CLAS:H. Kompetisi ini dimulai sejak tahun 2011 di Ennichisai dan berkembang hingga sekarang, hingga saat ini para finalisnya diambil dari 4 wilayah yaitu Sumatra, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Nantinya akan ada 10 finalis yang akan menampilkan sebuah pertunjukan menarik dengan kostum yang luar biasa, untuk memperebutkan gelar Juara Nasional serta hadiah utama Rp 10.000.000 dan tentunya tiket pulang-pergi Jakarta-Jepang untuk 2 orang.

CLAS:H Singles Cosplay Competition x TOKYO GAME SHOW

ennichisai11Singles Cosplay Competition akan diadakan selama 2 hari khusus pada CLAS:H Pop Culture Stage – Ennichisai. Salah satu peserta wanita yang beruntung akan dipilih menjadi representatif Indonesia untuk hadir di TOKYO GAME SHOW 2015 di Jepang.

ennichisai12
*Yukitora Keiji, (representatif Indonesia pada TOKYO GAME SHOW 2014)

INDONESIA COSPLAY GRAND PRIX (ICGP)

Pemilihan Perwakilan Indonesia!!

Satu lagi acara cosplay yang juga ditunggu-tunggu oleh penggemar Pop-Culture Ennichisai yaitu Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP). Ajang kompetisi yang dimulai tahun 2012 di Ennichisai ini, diadakan untuk memilih perwakilan Indonesia dalam World Cosplay Summit (WCS). 26 negara yang ikut mulai dari Amerika hingga Kuwait. Pemenang dari ICGP akan terbang ke Nagoya Jepang selama 2 minggu dan berkompetisi disana. Indonesia sendiri telah meraih 2 kali juara 3 dunia pada tahun 2012 dan 2014.

ennichisai13

ennichisai13b
*One OK Cosplay Team, Representatif Indonesia

World Karaoke Grand Prix – Indonesia Region

Masih ada satu kompetisi menarik untuk memilih perwakilan Indonesia di kompetisi tingkat dunia, World Karaoke Grand Prix (WKG). WKG adalah sub-contest yang di adakan oleh World Cosplay Summit di Nagoya Jepang dimana para pesertanya harus menyanyikan lagu anisong sambil ber-cosplay dari anime judul tersebut. Yang diadakan di CLAS:H Pop Culture Stage Ennichisai adalah Final World Karaoke Grand Prix- Region Indonesia.

Sudah ada beberapa finalis yang terpilih dari 5 kota yaitu Surabaya, Yogyakarta Bandung, Medan dan Jakarta yang telah menjalani tahap audisi dan akan berkompetisi di atas Pop Culture Stage Ennichisai 2015. Juaranya akan diberangkatkan ke Nagoya sebagai perwakilan Indonesia melawan 16 negara lainnya dari seluruh dunia.

ennichisai14

ennichisai15
*Catch, representatif Indonesia, Pemenang kedua World Karaoke Grand Prix 2014

Jalan-Jalan, Kuliner dan semua yang serba JEPANG!!

Bagi para penggemar Jepang baik Pop Culture ataupun Traditional Culture, pasti tidak akan pernah melewatkan Festival Ennichisai. Karena hanya di festival Jepang ini kita bisa menemukan dan juga menikmati semua hal yang akan membuat kita merasa di jepang, mulai dari makanan, merchandise hingga dekorasi, bahkan pengunjungnya pun bergaya seakan mereke berada di Jepang!

ennichisai16Ennichisai mempersembahkan pengalaman paling otentik berada langsung di Jepang!

COMMENT