SHARE THIS ARTICLE

Ebi furai, udang balut remah roti gaya Jepang (1)

Ebi Furai adalah salah satu makanan khas asal negri sakura, Jepang. Masakan ini sangat terkenal karena rasanya enak, serta gurih ketika dimakan. Di Indonesia sendiri makanan ini terbilang cukup digemari, terutama oleh para penikmat masakan Jepang. Namun banyak juga kalangan umum yang sering menikmatinya hanya dengan menggorengnya dengan tepung biasa.

Resep Ebi Furai sendiri terbuat dari bahan-bahan yang mudah kita jumpai. Bahan utama yang digunakan adalah udang. Lalu bagaimana cara membuatnya ya? Mudah kok. Nah, bagi yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuatnya di rumah langsung saja yuk tengok resep dan cara membuat Ebi furai di bawah ini!

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Ebi furai, udang balut remah roti gaya Jepang (2)・8 udang
・1 telur
・Garam & lada
・Tepung
・Remah roti
・1 jeruk lemon
・Minyak sayur untuk memasak

Untuk membuat sayur cincang
・2 kembang kol/kubis

Untuk membuat saus tartar
・1/3 cangkir (sekitar 60 g) mayones
・Garam & lada untuk menambah rasa
・1 telur rebus yang sudah diiris tipis-tipis
・3 sendok makan bawang bombay yang sudah diiris tipis-tipis

Cara Memasak

1. Iris tipis-tipis kembang kol menjadi lajur-lajur selebar sekitar 1mm. Rendam kembang kol yang sudah diiris dalam air dingin selama sekitar 5 menit dan kemudian keringkan menggunakan saringan.

2. Campur semua bahan untuk saus tartar.

Ebi furai, udang balut remah roti gaya Jepang (3)3. Buang kaki dan kulit udang, namun biarkan buntutnya dan sedikit kulit menempel di buntut. Buang pembuluh darahnya yang ada sepanjang punggung udang, kemudian buat irisan-irisan kecil di bawah perutnya, dengan jarak sekitar 1 cm satu sama lain. Kemudian tekuk udangnya ke arah belakang. Ini akan memastikan udangnya akan tetap lurus. Udang yang lurus akan terlihat besar dan enak dipandang.

4. Tiriskan udang dan taburkan dengan garam dan lada. Kemudian lapisi dengan tepung, telur kocok dan remah roti.

Ebi furai, udang balut remah roti gaya Jepang (4)5. Panaskan minyak di atas panci atau penggorengan dengan suhu 170ºC. Masukkan udang yang sudah dilapisi remah roti ke dalam minyak panas dan goreng dengan api sedang selama sekitar 2 menit hingga udangnya berubah warna coklat keemasan. Goreng udang dalam 2 kelompok, 4 udang setiap kali menggoreng. Jangan menggoreng semua udang sekaligus, kalau tidak minyaknya akan menjadi terlalu dingin yang akan membuat lapisan remah roti jadi melempem.

6. Tumpuk irisan kembang kol di atas pinggan dan baringkan udang di tepinya. Sajikan udang dengan potongan jeruk lemon dan saus tartar.

Irisan kembang kol
Kembang kol yang sudah diiris tipis-tipis adalah hiasan standar di Jepang untuk makanan / masakan yang digoreng. Seperti udang balut remah, kerang balut remah, ayam goreng, dan ikan goreng. Kembang kol irisan tipis ini dianggap sebagai pendamping makanan yang ringan dan menyegarkan bagi masakan, terutama bagi bahan daging yang digoreng. Mengiris kembang kol menjadi lajur-lajur dengan lebar yang sama kira-kira 1 mm memberikan bentuk tekstur renyah dan mengeluarkan rasa manis sayuran ini. Dijepang sendiri sudah ada alat untuk memotong kembang kol secara tipis, jadi bagi orang jepang tidak terlalu repot.

Sources :
COMMENT