SHARE THIS ARTICLE

Drama 10 episode ini merupakan adaptasi dari Novel laris karya Jun Ikeido yang berjudul Oretachi Bubble Nyukougumi” [diterbitkan pada tahun 2004] dan Oretachi Hana no Baburugumi” [diterbitkan pada tahun 2008]. Drama ini ditayangkan oleh TBS Jepang pada tanggal 7 Juli – 22 September 2013 setiap hari Minggu, pukul 21:00. 

vlcsnap-2014-02-06-18h35m53s101

Dorama ini mengisahkan tentang seorang Bankir yang bernama Naoki Hanzawa, yang bekerja sebagai Kepala bagian perkreditan di Tokyo Chuo Bank. Sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang bankir karena melihat sekaligus merasakan pahitnya kehidupan keluarganya yang terus menerus ditipu dan dipermainkan oleh pihak bank. Keluarga Hanzawa hanyalah sebuah keluarga kecil yang mengelola sebuah pabrik sekrup kecil di pinggiran kota Kanazawa. Sang ayah dijanjikan untuk diberikan pinjaman dalam jumlah yang besar guna mengembangkan usahanya. Namun di tengah jalan, pihak Bank secara sepihak membatalkan seluruh perjanjian karena dinilai usaha dari pabrik yang dikelola oleh keluarga Hanzawa tidak membuahkan hasil. Akibat frustrasi berkepanjangan, akhirnya ayah Hanzawa memutuskan untuk bunuh diri dengan cara gantung diri. Hal ini sangat memukul Hanzawa yang hanya anak semata wayang dan ibunya sudah tua. Karena itu Hanzawa bertekad untuk menjadi seorang bankir dan ingin merubah kebijakan dari Bank yang dianggap sering memberikan janji kosong kepada nasabah. Padahal bank dan nasabah seharusnya saling bekerja sama. Tapi selain itu, ada maksud lain dari Hanzawa. Dia ingin membalas dendam pada orang yang bertanggung jawab atas pemutusan kredit keluarganya tersebut.

vlcsnap-2014-02-06-18h34m07s61

Episode 1-5, mengisahkan perjuangan Hanzawa yang dipaksa oleh Manager Banknya untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan yang nyaris bangkrut. Hanzawa sejak awal sudah menolak karena angka-angka yang tercatat di laporan keuangan perusahaan tersebut sangat tidak realistis dan penuh resiko. Namun Manajer Hanzawa yang bernama Asada tetap pada pendiriannya dan meminjamkan kepada perusahaan tersebut sebesar 500 juta Yen. Dan hasilnya dapat diduga. Uang tersebut lenyap dibawa kabur oleh direktur perusahaan tersebut namun Asada justru melimpahkan kesalahan seluruhnya kenapa Hanzawa. Setelah menyelidiki lebih dalam, ternyata perusahaan Nishi Osaka Steel tersebut sudah amburadul. Hutangnya menumpuk dan nyaris bangkrut. Namun Hanzawa dengan segala kekuatannya, bersama 2 orang rekan kerjanya Tomari dan Kondo, dibantu oleh sang istri, Hana, yang selalu siap menemaninya bersama dengan salah seorang bekas karyawan anak perusahaan Nishi Osaka Steel tersebut, Hanzawa mencoba membongkar segalanya dan ternyata penggelapan uang dari sang direktur, melibatkan Manajer Asada di dalamnya. Hanzawa mengancam, apabila dia berhasil mengembalikan uang 500 Juta Yen itu kepada bank dan membongkar semua kejahatan penggelapan uang di dalamnya, Manajer Asada harus meminta maaf sambil berlutut di hadapan Hanzawa dan karier Asada di dunia perbankan akan berakhir dengan mengenaskan. Tapi bagaimana cara Hanzawa mengembalikan uang 500 juta Yen hanya dalam waktu beberapa minggu saja ?

vlcsnap-2014-02-06-18h39m16s80

Episode 6-10, Hanzawa sudah dipromosi ke kantor pusat setelah berhasil dengan kasus Nishi Osaka Steel. Dan di kantor pusat inilah Hanzawa berhadapan langsung dengan lawan yang berat tapi orang yang sudah dia nanti-nantikan sejak masih karyawan biasa. Hanzawa dipercayakan oleh Presiden Direktur dari Tokyo Chuo Bank untuk mengurus Hotel Iseshima yang terus menerus merugi sejak 3 tahun lalu. Bahkan hutang yang harus ditanggung mencapai 12 Milyar Yen. Dan kali ini, Hanzawa sungguh-sungguh harus ekstra bekerja keras karena lawan yang dihadapinya adalah orang yang memiliki jabatan tinggi, sarat pengalaman dalam dunia perbankan sekaligus tangan kanan dari sang Presiden Direktur. Hanzawa tidak bisa juga terus menerus bergantung pada rekan-rekan kerjanya, karena di saat yang sama, Tomari dan Kondo juga memiliki masalah sendiri dalam kehidupan mereka. Satu-satunya orang yang dapat diandalkan hanyalah istrinya sendiri dan tentu saja kekuatan dirinya sendiri.

vlcsnap-2014-02-06-18h40m42s169

vlcsnap-2014-02-06-18h35m21s31

vlcsnap-2014-02-06-18h50m09s214

Episode terakhir dari Drama Hanzawa Naoki ini memecahkan rekor rating tertinggi sepanjang Heisei Era [periode tahun 2000-an] dengan rating 42,2 %. Rekor sebelumnya dipegang oleh dorama Kaseifu No Mita dengan 40,0 % di tahun 2011. Rating secara keseluruhan dorama ini adalah 28,7 % rating Kanto [Tokyo dan sekitarnya]. Naoki Hanzawa diperankan dengan sangat baik oleh aktor kawakan Masato Sakai, Direktur Utama Tokyo Chuo Bank, Akira Owada diperankan oleh Teruyuki Kagawa. Sedangkan istri Hanzawa yaitu Hana Hanzawa diperankan oleh aktris cantik Aya Ueto.

vlcsnap-2014-02-06-18h43m22s238

78th Television Drama Academy Awards menganugerahi Masato Sakai sebagai The Best Actor, Teruyuki Kagawa sebagai Best Supporting Actor dan sutradara Katsuo Fukuzawa sebagai The Best Director untuk drama Hanzawa Naoki ini. Sedangkan 17th Nikkan Sport Dorama Grand Prix,  menetapkan Hanzawa Naoki sebagai The Best Drama, Masato Sakai sebagai The Best Actor dan Teruyuki Kagawa sebagai The Best Supporting Actor.

vlcsnap-2014-02-06-18h47m14s0

vlcsnap-2014-02-06-18h47m45s56

Secara subjektif, dorama ini termasuk kategori Human Dorama karena mengisahkan kehidupan manusia dan kejamnya dunia perbankan. Bagi penonton yang suka dengan intrik-intrik serius dan harus menggunakan pemikiran, film ini layak untuk ditonton bahkan bisa dikatakan wajib untuk ditonton karena emosi penonton pun ikut bermain dalam drama ini. Namun bagi penggemar film romantis atau komedi, tentu saja film ini akan terasa membosankan dan alurnya sangat lambat karena penuh dengan dialog. 

 Source: wiki.d-addicts.com, facebook.com/groups/

COMMENT