SHARE THIS ARTICLE

Jepang memiliki banyak sekali kuil dan jinja, yang dibuat untuk menghormati dewa, tokoh, atau hal tertentu yang dianggap suci oleh mereka yang menziarahi kuil tersebut. Di antara banyaknya kuil-kuil tersebut, tentu ada beberapa yang memiliki keunikan dibanding kuil lainnya. Salah satu kuil tersebut adalah Denden-gu yang berada di area Kuil Horinji di Arashiyama, Kyoto.

(Image: wikipedia)

Di kuil Horinji, dewa halilintar yang disebut Denden Myojin telah disembah sejak lama, namun kuil tersebut terbakar pada tahun 1864. Kuil Denden-gu yang sekarang ada dibangun pada tahun 1969, dan ditujukan sebagai tempat bersemayamnya dewa listrik dan gelombang radio.

Karena dipercaya sebagai kuil yang dapat membawa keberuntungan dan kesejahteraan untuk industri elektronik, maka sebagian besar peziarah kuil ini adalah mereka yang berasal dari perusahaan listrik, atau bekerja di industri elektronik. Banyak juga yang mempercayai bahwa menziarahi kuil ini dapat menjauhkan dari kerusakan pada komputer, handphone, dan barang elektronik lainnya.

(image: wikipedia)

Di kuil ini juga dapat ditemukan sebuah monumen untuk mengenang penemu asal Amerika, Thomas A. Edison, yang berhasil menemukan bola lampu dengan menggunakan filamen bambu dari Kyoto, dan ilmuwan asal Jerman, Heinrich Rudolf Hertz, yang menemukan gelombang elektromagnetik. Karena keterkaitannya dengan elektronik juga, salah satu jenis omamori yang dapat dibeli di kuil ini pun berupa sebuah SD card, yang dapat digunakan selayaknya SD card biasa.

(Featured image: private)

Sources :
COMMENT