Share on

Kaca menjadi bahan dasar untuk hiasan dan menjadi barang antik yang bernilai jual tinggi. Selain menjadi pajangan rumah, kaca juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk alat rumah tangga, seperti alat-alat makan.

Di Kota Itoman, Okinawa terdapat sebuah pabrik kaca yang cukup besar bernama Ryukyu Glass Village. Pabrik ini menjadi pabrik kaca yang terbesar di wilayah Okinawa, dan sudah berdiri cukup lama yakni sejak tahun 1985.

Kaca yang dibuat disini 100% buatan tangan, dan tersedia dalam berbagai bentuk juga warna. Saat mengunjungi tempat ini kalian akan takjub dengan melihat karya pabrik ini yang indah. Produk yang dihasilkan pun bermacam-macam mulai dari gelas, aksesoris hingga bingkai foto.

Tak hanya menampilkan pameran saja, disini juga para pengunjung dapat mengikuti workshop salah satu produk. Nantinya, para pengunjung akan dibimbing untuk melakukan proses pembuatan barang mulai dari yang paling dasar hingga tahap akhir. Tentunya dengan harga yang berbeda di tiap jenis produk/karya.

Untuk workshop pembuatan gelas dipatok harga sebesar 1.836 yen untuk satu kali kelas. Setelah membayar, pengunjung akan dibimbing untuk memilih warna yang disuka. Target peserta untuk workshop ini mulai dari anak-anak berusia 6 tahun hingga orang dewasa. Dalam satu pertemuan akan menghabiskan waktu selama 60 menit. Kelas akan dibuka dalam beberapa sesi yakni sesi kelas pagi yang dimulai sejak pukul 9:30 – 11.00, untuk sesi kelas siang dimulai sejak pukul 13:30 - 16:00.

Ryukyu Glass Village

Untuk kerajinan lainnya pun dipatok harga yang beragam, seperti untuk kelas pembuatan aksesoris dipatok dengan harga sebesar 1.620 yen untuk durasi waktu selama 40 menit, dan untuk kelas pembuatan bingkai foto dipatok harga sebesar 1.080 yen dengan durasi waktu 40 menit.

Disini juga menyediakan kelas lainnya seperti pembuatan lilin kaca dan kelas melukis.

Ryukyu Glass Village

Fasilitas yang ada disini juga beragam, seperti pabrik kaca dimana para pengunjung dapat melihat para pengrajin yang bisa menghasilkan ratusan buah gelas kaca khas Ryukyu. Lalu ada toko kaca, dimana para pengunjung dapat berbelanja oleh-oleh dari hasil kerajinan kaca di Okinawa. Kemudian ada museum kaca yang cocok untuk kalian kunjungi setelah berkeliling. Info lebih lanjut dapat kalian akses melalui website resminya.

Website Facebook  

Sumber & images: Ryukyu Glass