SHARE THIS ARTICLE

Chikuzen-ni (1)Chikuzen-ni adalah masakan khas daerah Chikuzen di wilayah utara Kyushu. Kata \’ni\’ berarti rebus atau tumis. Karena sering disajikan sebagai makan siang sekolah, masakan ini populer di seluruh Jepang. Perpaduan daging dan sayuran yang bergizi membuat chikuzen-ni kerap muncul dalam menu makanan di banyak sekolah.

Wilayah Jepang terbilang kecil tetapi iklim dan lingkungannya berbeda-beda dari bagian utara ke selatan, bergantung pada apakah daerah itu menghadap ke laut atau dikelilingi pegunungan. Ini juga berarti makanan yang tersedia di tiap wilayah berbeda-beda sehingga kaya akan masakan khas daerah.

Kemajuan mutakhir dalam moda transportasi sekarang ini memungkinkan tersedianya berbagai bahan makanan di mana-mana. Namun masakan daerah membantu membangkitkan kenangan banyak orang mengenai di mana mereka dilahirkan serta menyediakan variasi di meja makan.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Chikuzen-ni (2)• 1 paha ayam tanpa tulang (300 gram)
• 1 buah wortel (150 gram)
• 4 jamur shiitake kering
• 8 batang buncis
• 2 sendok makan gula
• 2½ sendok makan kecap asin
• 1 gelas (200 ml) air
• 1 sendok teh minyak sayur

Cara Memasak

Chikuzen-ni (3)Rendam jamur kering minimal 1 jam. Potong wortel secara memanjang menjadi dua bagian, kemudian potong kecil-kecil dengan lebar 2 cm, lalu setiap potongannya dibagi dua lagi. Cuci jamur yang telah mengembang, buang bagian batangnya lalu potong menjadi empat bagian seukuran dengan wortel. Buang serat di bagian sisi buncis, potong-potong dengan panjang sekitar 2 cm. Daging ayam dipotong-potong kotak ukuran sekitar 3 cm.

Panaskan wajan, tuang minyak sayur lalu tumis daging ayam. Kalau daging ayam sudah tidak melekat pada dasar wajan, balikkan. Masukkan wortel dan buncis. Pastikan semua bahannya tercampur minyak. Terakhir masukkan jamur. Kalau semua bahannya sudah tercampur minyak, masukkan 1 gelas air. Tutup wajan dan biarkan selama 10 menit di atas api sedang.

Chikuzen-ni (4)Kalau bahan-bahannya mulai empuk, miringkan wajan dan masukkan gula dan kecap asin ke dalam kuahnya. Aduk lalu tutup kembali wajan dan biarkan selama 5 menit lagi.

Angkat tutupnya, biarkan kuahnya menyerap dan aduk daging ayam beserta sayuran dengan hati-hati menggunakan sendok kayu. Biarkan kuah surut hingga mengental dan mengkilat, menjadikan daging ayam dan sayurannya terlihat berkilau. Angkat dari api dan sajikan di atas piring besar.

Source : kokiers.com
COMMENT