SHARE THIS ARTICLE

Berlibur ke Jepang jangan hanya mencicipi sushi dan sashimi. Ternyata, masih banyak kuliner lain yang menggoda, seperti di Pulau Okinawa. Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi favorit para wisatawan. Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan bangunan yang bersejarah, tapi Jepang juga memiliki akuarium terbesar yang berada di Pulau Okinawa.

kuliner okinawa
Beragam kuliner menggoda Okinawa (Foto: Lonelyplanet)

Selain menawarkan berbagai tempat wisata, Okinawa juga menyuguhkan wisatawan dengan kuliner lezat dari kerajaan Ryukyu kuno, seperti dilansir dari Lonelyplanet, Senin (25/8/2014).

Gula merah
Okinawa telah terkenal dengan menghasilkan gula merah terbaik selama berabad-abad. Gula merah tersebut terbuat dari tebu yang ditanam di daerah yang kaya mineral. Kandungan mineral yang tinggi membuat gula merah asal Okinawa menjadi yang terbaik. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, gula merah Okinawa juga bisa dijadikan permen dan es krim.

Donat Okinawa
Seperti di Amerika, Okinawa juga mempunyai donat dengan rasa yang khas seperti gula merah, wijen hitam, ubi jalar ungu, dan kelapa. Selain di warung pinggir jalan, Anda juga bisa menemukan donat Okinawa di berbagai restoran yang disajikan bersama es krim.

Ubi jalar ungu
Ubi jalar ungu menjadi hidangan khas Okinawa dari berabad-abad lalu. Selain dinikmati secara langsung, ubi jalar ungu juga digunakan sebagai bahan membuat es krim, kue, donat, dan keripik.

Okinawa Soba
Tidak seperti di daratan Jepang, soba di Okinawa terbuat dari mi gandum putih tebal. Biasanya, mi soba disajikan bersama kaldu, daging babi, dam daun bawang. Anda juga bisa menambahkan koregusu atau cabai yang direndam awamori dan acar jahe untuk menambah rasa.

Rumput laut mozuku
Mozuku adalah rumput lokal khas Okinawa. Rumput laut ini bisa dimakan langsung atau bisa dijadikan acar yang ditambah biji wijen dan disajikan sebagai lauk. Atau Anda juga bisa membuat tempura dari potongan-potongan tipis rumput laut.

COMMENT