SHARE THIS ARTICLE
Bento, seni menyajikan makanan ala Jepang (Foto:Shutterstock)
Bento, seni menyajikan makanan ala Jepang (Foto:Shutterstock)

Bento adalah istilah bahasa Jepang, untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan. Bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam atau bahkan bekal untuk piknik. Ciri khas dari bento adalah jenis lauk pauk yang diatur berdasarkan warna agar sedap dipandang, menarik dan tentunya dapat mengundang selera makan.

Penyajian bento banyak membuat orang tertarik mengeksplorasi kreativitasnya dalam menata lauk di dalam kotak makan, terutama para ibu yang memiliki anak yang masih bersekolah di taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Beragam jenis karakter diaplikasikan dalam menata bento, hal ini tidak lain agar si anak mau memakan bekal.

Dikutip dari buku berjudul Bento, Bekal Unik Cepat Saji karya Lukman Setiawan, membuat bento pun dibutuhkan kreativitas dan ide. Jika sering membuat bento, ide akan muncul dengan sendirinya. Selain itu, dalam membuat bento tidak hanya menampilkan bento yang menarik, tetapi juga harus memerhatikan prinsip dasarnya. Prinsip dasar bento adalah makanan yang seimbang, yaitu pemenuhan gizi dalam makanan. Jadi, saat membuat bento harus memerhatikan kebutuhan gizinya, seperti terdapat bahan makanan sumber karbohidrat, protein serta vitamin.

Beragam karakter unik dan lucu yang sering dibuat untuk bento adalah bentuk bunga, binatang, atau pun tokoh kartun. Tentu saja karakter ini dibuat sesuai dengan bahan dan lauk-pauk yang digunakan, misalnya nasi yang dibentuk menjadi karakter Hello Kitty, atau wortel yang bisa dibentuk bunga.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT