SHARE THIS ARTICLE
SHUTTERSTOCK Ilustrasi
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

Bosan dengan menu bekal yang itu-itu saja? Anda bisa memasukkan menu Jepang untuk dibawa ke kantor. Dua di antaranya yang mudah adalah Bento dan Sushi. Mau tahu cara membuatnya? Yuk!

Bento
Menu ini terdiri dari nasi, daging, dan sayur. Ragamnya bisa banyak, tergantung selera masing-masing. Kalau pun tak punya boks khusus bento bisa menggunakan lunch box biasa, asal ada sekat-sekatnya agar jenis makanannya tidak tercampur. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyiapkan bento:
1. Perhatikan ukuran boks makanan, pilih yang agak lebar agar tiga jenis makanan bento bisa masuk.
2. Pilih makanan kering, agar tidak mudah basi. Kalau pun berkuah, pisahkan dari makanan kering lainnya.
3. Keseimbangan gizi, sesuai takaran gizi yang benar kompisisinya adalah 30% karbohidrat, 33% buah dan sayuran, dan 37% protein.
4. Pilih bahan colorful, untuk membangkitkan selera. Misal: sayuran berawarna merah dan hijau, buah warna cerah seperti semangka dan jeruk.

Sushi
Bahan dasaranya adalah:
1. Beras, bisa memakai beras pulen atau jenis beras koshihikari khusus untuk membuat sushi, yang dimasak menjadi nasi dengan cara biasa. Nasi yang masih hangat ini kemudian dicampur dengan larutan cuka-garam-gula, aduk-aduk dan biarkan sejenak selama sekitar 15 menit.
2. Nori atau lembaran rumput laut yang bisa dibeli siap pakai.
3. Bahan isi bisa bermacam-macam: irisan salmon, potongan ayam, daging asap, sosis, atau dadar telur yang dikombinasikan dengan potongan aneka sayur dan buah seperti mentimun, wortel, alpukat, daun selada, tergantung selera Anda.
4. Saus sushi yang terdiri dari campuran; wasabi (bisa dibeli siap pakai), kecap asin, dan acar jahe (bisa dibeli siap pakai).
Kalau tidak punya alat penggulung khusus sushi bisa menggunakan talenan dan lembaran plastik bening untuk menggulung nasi menjadi sushi. Letakkan bahan isi ditengah lembaran nasi, kemudian gulung. Biarkan sejenak bari dipotong kecil-kecil. Sushi pun siap dibawa ke kantor.

Salad Jepang
Sebagai penambah menu bisa dibawa pula salad Jepang. Di antaranya adalah Wakame Salad dan Horenso No Goma Ae, yang bisa dijadikan makanan pendamping bento atau sushi. Cara membuatnya mudah.

#Wakame Salad
Wakame atau rumput laut Jepang siap pakai direndam dalam air dan akan mengembang tiga kali lipat. Rasanya manis dan beraroma laut. Bisanya disajikan dengan saus dari cuka beras, kecap asin, gula, dan topping wijen. Tambahkan irisan kyuri (mentimun Jepang), wortel, maka akan menjadi salad musim panas yang menyegarkan.

#Horenso
Dikenal pula sebagai bayam Jepang. Rebus dulu horenso sampai matang seperti merebus bayam biasa. Tambahkan saus goma (saus wijen, kecap asin, cuka, dan miso), yang bisanya dijadikan saus shabu-shabu.

Source : female.kompas.com
COMMENT