SHARE THIS ARTICLE

Katsuhiko Yamamoto, dikenal sebagai penulis lagu AKB48 dan penyanyi JUJU, telah membentuk sebuah tim untuk menulis sebuah lagu berdasarkan puisi asli yang dikarang oleh penulis manga Barefoot Gen, Keiji Nakazawa. Puisi tersebut, yang ditulis sebagai memori untuk penderitaan dan kematian warga sipil yang tak terhitung jumlahnya di Hiroshima pada Perang Dunia II, adalah permintaan dari seorang teman Nakagawa. Puisi ini berjudul “Hiroshima, Ai no Kawa,” dan pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi sebuah lagu, tapi berjuang mencari penulis lagu hingga Yamamoto mengambil proyek ini.

genballad.png

Manga karya Nakazawa yang diakui secara kritis, Barefoot Gen, mulai diterbitkan di Weekly Shonen Jump Jepang pada tahun 1973. Sejak itu, telah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa yang berbeda dan terjual lebih dari 6,5 juta kopi di seluruh dunia. Tokiko Kato, penyanyi populer yang diminta oleh Yamamoto untuk membawakan lagu itu mengatakan bahwa ia merasa perlu untuk membaca ulang Barefoot Gen untuk lebih memahami Nakazawa dan perasaannya di Hiroshima.

barefoot_gen_volume_one

Nakazawa adalah seorang yang selamat dari serangan bom atom di Hiroshima, meninggal pada tahun 2012 pada usia 73. Meskipun ia sendiri tidak bisa melihat penyelesaian lagu tersebut, Misayo Nakazawa berada di studio pada saat rekaman. Ia berkomentar mengatakan bahwa Kato, “bernyanyi seolah-olah Tokiko menikmati setiap frase tunggal yang ia tulis, dan menggemakan semua yang suami saya ingin sampaikan.”

Album yang berisi “Hiroshima, Ai no Kawa” akan dirilis pada sebuah album oleh Universal Music Jepang pada tanggal 25 Juni. Kato, yang akan tampil di Bunkamura Orchard Hall pada tanggal 12 Juli dan di Hiroshima pada tanggal 27 Juli, juga akan membawakan lagu tersebut di kedua konser.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT