Apa Itu Hanakotoba? Yuk Kita Pelajari Makna Macam-Macam Bunga di Jepang!

2 min


Hanakotoba mengacu pada seni kuno untuk menerjemahkan makna pada bunga. Dalam budaya Jepang, menghadiahkan bunga kepada orang lain tidak terbatas hanya pada wanita saja. Memberikan bunga tidak dilakukan dengan enteng. Arti mendasar dari bunga menentukan pesan yang dikirim ke penerima. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengkomunikasikan perasaan dan emosi tanpa kata-kata.



Berikut adalah hanakotoba dari berbagai bunga yang terkenal di Jepang:

Sakura
hanakotoba
(featured image: gahag)

Bunga sakura yang terkenal mewakili musim semi. Dalam arti sastra, mereka melambangkan keindahan sekilas dan keringkasan hidup. Dalam hanakotoba, mereka menunjukkan hati yang murni dan lembut. Sakura adalah bunga musim semi yang paling dicintai dan digunakan untuk semua jenis barang, termasuk kosmetik dan sebagai rasa atau dekorasi untuk masakan.

Himawari
(image: natural energy)

Mayoritas spesies bunga matahari berasal dari Amerika Utara tetapi sekarang dapat ditemukan di seluruh dunia. Bunga-bunga ceria ini dibawa ke Jepang ratusan tahun yang lalu. Himawari menunjukkan pancaran dalam bahasa bunga, dan juga rasa hormat.

Sweet Pea/Suitopi
(image: sarahpalmer)

Bunga sweet pea berasal dari Italia dan tiba di Jepang pada pergantian abad ke-20. Dalam bahasa bunga, bunga ini berarti selamat tinggal. Meski maknanya mengandung makna perpisahan, sweet pea menjadi bunga buket populer yang dijual dari musim dingin ke musim semi.



Ume
(image: Khaosan Tokyo)

Pohon ume atau pohon plum Cina berasal dari Tiongkok. Buah dari pohon ini kadang-kadang disebut aprikot Jepang. Dalam hanakotoba kuno, bunga-bunga ini menunjukkan keanggunan dan kesetiaan. Mereka mekar di musim semi sebelum bunga sakura.

Kiku
(image: Shambala Times)

Krisan dikenal sebagai kiku dalam bahasa Jepang. Mereka berasal dari Asia dan Eropa. Sebagai motif, bunga bulat sempurna ini adalah salah satu yang paling mudah dikenali. Krisan memiliki konotasi yang luhur, muncul di lambang Keluarga Kerajaan Jepang dari generasi ke generasi. Bunga krisan putih menunjukkan kesucian, kesedihan, dan kebenaran, dan digunakan untuk pemakaman.

Bunga apakah yang menjadi favorit kalian?

(featured image: gahag)

Sources :


What's Your Reaction?

LOL LOL
101
LOL
Sugoi! Sugoi!
136
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
13
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
28
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
40
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
57
Daisuki!
Kowai Kowai
63
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
136
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes