Share on

Manga adalah salah satu budaya Jepang yang paling terkenal dan populer di seluruh dunia selain anime. Ada banyak buku komik Jepang yang luar biasa dan telah diterbitkan setelah 1950-an, dan sangat sulit untuk memutuskan mana yang merupakan manga terbaik sepanjang masa. Salah satunya adalah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba yang mulai diserialkan pada Weekly Shonen Jump pada 2016, dan akhirnya telah selesai pada bulan Mei, 2020.

Banyak penggemar Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba di seluruh dunia terkejut dengan fakta bahwa penulis Koyoharu Gotoge menyelesaikan cerita ketika sedang berada di puncak popularitasnya. Musim adaptasi anime pertama ditayangkan di TV pada tahun 2019, dan jika kalian adalah penggemar berat serial ini kalian tidak mungkin melewatkannya. Bagi mereka yang bertanya-tanya manga mana untuk dibaca selanjutnya, berikut adalah 7 manga yang direkomendasikan memiliki kesamaan dengan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

1. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter adalah salah satu rekomendasi manga terbaik (on going - hiatus) paling populer di Jepang. Diterbitkan oleh Weekly Shonen Jump sama dengan Kimetsu no Yaiba, kisah ini mengangkat perjalanan seorang bocah muda Gon Freecss guna mencari ayahnya yang meninggalkannya pada usia muda. Gon memutuskan untuk menjadi Hunter berlisensi dan tumbuh kuat dengan bertarung melawan berbagai karakter. Kepribadian Gon dan Tanjiro memiliki banyak kesamaan seperti sifat polos dan semangat juang yang gigih. Selain itu, Gon menemukan beberapa teman yang dapat diandalkan seperti Killua, Kurapika dan Leorio, sama halnya dengan Tanjiro bertemu Zenitsu dan Inosuke.

Hunter X Hunter
Hunter X Hunter (jw-webmagazine.com)

2. Chainsaw Man

Chainsaw Man yang dimulai pada Weekly Shonen Jump tahun 2018, adalah manga dark fantasy populer dari generasi yang sama dengan Kimetsu no Yaiba. Ada berbagai Iblis yang muncul di antara masyarakat di dunia manga, namun tidak seperti Tanjiro, karakter utama Denji bukan manusia normal. Dia mendapat uang dengan bekerja sebagai pemburu setan guna membayar kembali hutang ayahnya. Suatu hari, Denji dibunuh oleh Iblis zombie, dan kemudian ia bangkit kembali sebagai manusia setengah iblis dan bergabung dengan anjingnya Pochita yang memungkinkannya untuk mengubah dirinya menjadi manusia gergaji. Rekomendasi manga terbaik ini diharapkan dapat mempertahankan eksistensi Shonen Jump setelah Kimetsu no Yaiba sampai akhir.

Chainsaw Man
Chainsaw Man (jw-webmagazine.com)

3. Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin, manga klasik bertema Samurai, diserialkan di Weekly Shonen Jump dari 1994 hingga 1999. Samurai legendaris Kenshin Himura bertarung dengan musuhnya dan mencari cara baru untuk hidup. Rurouni Kenshin memiliki setting yang mirip dengan Kimetsu no Yaiba. Rurouni Kenshin berlatarkan Jepang pada periode Meiji (1868-1912), sedangkan Kimetsu no Yaiba terinspirasi oleh periode Taisho (1912-1926). Jangan lupa kisah sekuel rekomendasi manga terbaik Rurouni Kenshin: The Hokkaido Arc (Rurouni Kenshin-Meiji Kenkaku Romantan-Hokkaido-) sudah dimulai sejak 2017.

Rurouni Kenshin
Rurouni Kenshin (jw-webmagazine.com)