Share on

Banyak yang mengatakan kalau karakter utama wanita dalam sebuah manga itu “menyebalkan” atau “lemah". Tapi, apa betul begitu? Padahal, jika dilihat-lihat cukup banyak lho karakter utama wanita yang kuat dalam manga, baik kuat secara fisik ataupun secara mental, seperti karakter utama wanita dalam 3 manga berikut ini. Nah, manga apa saja yang memiliki karakter wanita yang kuat? Yuk, kita lihat daftarnya!

Advertise With Us

3. Tsubasa Reservoir Chronicle

manga dengan karakter utama wanita yang kuat japanesestation.com
Tsubasa Reservoir Chronicle (thebiem.com)

Cerita dalam manga ini dibuka dengan pemandangan puing-puing Negeri Clow. Di tengah-tengah puing-puing itulah protagonis pria kita, Syaoran, menemukan Puteri Sakura, seorang gadis cantik dengan sayap yang terbagi-bagi menjadi bulu-bulu yang terbang dan tersebar ke berbagai dimensi. Di dalam setiap helai bulu itu, ada bagian ingatan masa lalu Sakura, termasuk ingatan yang menghubungkannya dengan Syaoran.  

Karena itu, Syaoran bertekad untuk mengumpulkan dan mengembalikan semua bulu dari sayap Sakura. Syaoran tidak sendirian, ia pergi bersama teman-temannya, Kurogane, seorang ninja asal Jepang yang berharap ingin kembali ke negaranya; Fay, penyihir yang ingin berpindah-pindah dari satu dunia ke dunia lain, dan Mokona, mahluk aneh berbentuk mirip manjuu berwarna putih.

Sakura memang memiliki sifat pasif dan selalu terlihat lelah. Senyumnya yang manis terlah hilang bersama dengan hilangnya ingatan gadis itu. Namun, seiring berkembangnya cerita, Sakura menjadi seorang gadis kuat dan independen. Dia mampu menghadapi semua masalah tanpa kehilangan sifat aslinya. Pantas kan jadi salah satu karakter utama wanita terkuat dalam manga?

2. High School Of The Dead

manga dengan karakter utama wanita yang kuat japanesestation.com
Highschool of The Dead (thebiem.com)

Manga bertema post apocalypse ini menceritakan tentang serangan dari mahluk-mahluk semacam zombie yang disebut dengan “Mereka.” Mahluk-mahluk ini menyerang berbagai tempat, dan target mereka berikutnya adalah sebuah SMA.  Setelah masuk ke dalamnya, sekolah ini pun tumbang, menyisakan 3 siswa: Rei Miyamoto, Saeko Busujima dan sang protagonis, Takashi Komuro. Cerita pun berlanjut, menceritakan tentang perjuangan Rei, Saeko, dan Takashi untuk bertahan hidup dan mencari keluarga mereka.  

Sang mangaka benar-benar menunjukkan sisi “keren” Takashi sebeagai karakter utama. Ia kuat, pemberani, dan dapat memimpin teman-temannya meski di keadaan yang sulit sekalipun. Namun, karakter utama wanita dalam manga ini juga kuat! Rei memang menyukai Takashi sejak dulu, namun mampu memendam perasaannya di saat sulit dan membuat para pembaca dapat melihat keputusan-keputusan yang dibuatnya demi menyelamatkan diri sendiri dan orang lain.

High School of The Dead benar-benar merupakan seri manga yang bakal membuatmu terpesona dengan karakter-karakternya!

1. Kaichou wa Maid-sama

manga dengan karakter utama wanita yang kuat japanesestation.com
Kaichou wa Maid-sama (kaichouwamaidsama.fandom.com)

Sama seperti judulnya, karakter utama wanita dalam manga ini bekerja sebagai seorang maid. Tapi, bukan sembarang maid!

Misaki Ayuzawa adalah seorang ketua OSIS di SMA Seika yang sangat dikagumi orang-orang. Ia selalu berusaha untuk membuat hidup para siswi lebih nyaman di sekolah yang hampir seluruh populasinya diisi oleh laki-laki ini.

Misaki juga bukan berasal dari keluarga kaya, namun ia tidak pernah membiarkan hal itu menghalangi hidupnya. Sepulang sekolah, ia bekerja part-time sebagai seorang maid di sebuah café di Akihabara. Misaki tentu merahasiakannya dari murid-murid di sekolahnya. Namun, suatu hari, ikemen pujaan satu sekolah sekaligus teman sekelasnya, Usui Takumi, datang ke café tempat Misaki bekerja. Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Baca manganya saja ya!

Misaki sendiri digambarkan sebagai seorang gadis dari keluarga tak mampu yang mau bekerja keras demi keluarganya. Ia membuang nyaris semua keinginan egoisnya. Ya, setelah ayahnya meninggal, keluarganyalah yang menjadi prioritas Misaki, dan ia akan melakukan apapun demi mereka.

Selain itu, Misaki juga tetap manis, menyenangkan, dan easy-going. Pembaca bisa benar-benar dibuat kagum! Gak aneh kan kalau manga ini bisa menduduki posisi 1 manga dengan karakter utama wanita  yang kuat?

Bagaimana? Karakter utama wanita dalam manga di atas kuat dan menarik kan? Gak kalah dengan karakter laki-laki!