Share on

Mencoba untuk ber-cosplay mungkin pernah sekali atau dua kali terpikirkan oleh sebagian besar penggemar anime dan manga. Rasanya menyenangkan sekali untuk menjelma sebagai karakter fiksi favorit: mencoba pakaian yang biasa  dipakai oleh karakter itu, bahkan sambil meniru sifatnya.

Advertise With Us

Perlengkapan yang harus seorang cosplayer siapkan pastinya tidak sedikit. Contohnya ada wig, kostum, peralatan make up, juga atribut yang biasanya melekat pada karakter yang ingin diperankan, seperti senjata. Agar lebih 'terasa komplet' alangkah lebih baiknya jika seorang cosplayer juga menguasai bagaimana cara make up atau menjahit baju.

Mempelajari teknik-teknik pendukung kegiatan cosplay agar hasilnya maksimal dan mencapai tingkatan mendekati profesional tentu memakan waktu yang banyak. Bagi kalian yang ingin mencoba pengalaman ber-cosplay secara profesional dan antiribet, coba saja datangi Studio Crown.

Studio Crown adalah sebuah studio foto yang terletak di Akihabara, persisnya berjarak enam menit dari pintu keluar Stasiun Akihabara.

Umumnya, studio foto hanya menyediakan penyewaan tempat untuk cosplay photo shoot dan kostum harus disiapkan sendiri oleh pelanggan. Namun Studio Crown membawa konsep yang berbeda. Di sana, kalian bisa datang dengan tangan kosong (tentunya tetap membawa uang, ya) dan bisa merasakan pengalaman cosplay dari mencoba kostum karakter anime, mendapatkan riasan wajah, sampai melakukan photo shoot dengan kostum pilihan kalian.

Kalian bisa membawa kostum milik sendiri. Namun untuk full experience coba juga untuk menggunakan kostum dari Studio Crown.

Ada empat paket yang disediakan di studio foto ini. Pertama ada paket A yang meliputi penyewaan kostum-kostum umum khas Jepang (non-anime), seperti ninja, maid, miko, atau yukata. Paket ini diberi harga 3.000 yen (belum termasuk pajak). Photo shoot untuk paket ini waktunya lebih pendek dari paket lainnya, namun kalian bisa mendapatkan satu hasil foto digital dan satu foto cetak polaroid.

Selanjutnya ada paket B yang diberi harga 6.800 yen. Paket ini memiliki kemiripan dengan paket A. Bedanya, pengunjung bisa menyewa kostum karakter anime lengkap dengan wignya.

Lalu ada paket C yang cukup mahal yakni seharga 12.000 yen. Akan tetapi, paket ini adalah full experience yang sesungguhnya. Kalian akan mendapatkan gabungan paket A dan B beserta tambahan foto digital, serta layanan make up.

Terakhir ada paket D yang mirip dengan paket A. Bedanya, jika membayar untuk paket D pengunjung bisa membawa kostumnya keliling Akihabara selama maksimal tiga jam.

Layanan make up di Studio Crown bukanlah layanan sembarangan. Make up artist di studio ini adalah cosplayer Jepang sungguhan. Bahkan untuk pemasangan wignya saja tak cukup dipasang di kepala begitu saja. Sebelum memasang wig, wajah akan ditempelkan perekat untuk membantu mengubah bentuk muka yang kemudian perekat itu diberi lem khusus di atasnya.

Studio Crown Alamat: 2 Chome-4-6 Sotokanda, Chiyoda City, Tokyo 101-0021 Jam buka: 10.00-22.00 Website Images: matcha-jp Source: LIVE JAPAN