Share on

Di masa social distancing seperti ini, kita yang tidak memiliki kepentingan mendesak pasti lebih memilih untuk di rumah saja kan? Tidak hanya kita, anggota keluarga lain seperti ayah dan ibu atau adik-adik kita juga terpaksa stay at home untuk mencegah makin menyebarnya virus COVID-19. Karena tidak bisa ke luar rumah, kita dan anggota keluarga pasti bosan dan mulai mencari seuatu untuk dilakukan bersama-sama. Nah, bagaimana jika menonton anime bersama? Ada lho 9 anime yang cocok untuk ditonton bersama keluarga! Apa saja? Simak list anime ramah keluarga yang dilansir dari JW Web magazine ini!

1. Doraemon

Doraemon (ドラえもん) merupakan salah satu anime ramah keluarga terpopuler di kalangan anak-anak di seluruh dunia. Plotnya sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh anak-anak, menceritakan tentang seorang siswa SD bernama Nobita yang memiliki beberapa masalah sekolah.  Nah, tiba-tiba datang Doraemon, robot kucing dari abad 22 yang menolong Nobita menghadapi masalahnya dengan alat-alat canggih dari masa depan. Asyiknya lagi, kamu bisa menontonnya dengan bebas karena setiap episodenya bertipe one-shot! Selain anime, Doraemon juga sempat dibuat versi film-nya lho.

2. Pokemon

Pokemon (newsweek.com)
Pokemon (newsweek.com)

Selain dikenal sebagai video game populer, Pokemon (ポケモン)  juga dikenal sebagai salah satu seri anime family-friendly yang dicintai anak-anak di seluruh dunia. Karakter utama dari anime ini adalah Ash Ketchum alias Satoshi yang berpetualang bersama Pokémon imutnya, Pikachu, untuk menjadi seorang Pokemon master. Anime ini cocok nih ditonton bersama keluargamu, apalagi kalau kamu juga seorang Pokemon master!

3. Anpanman

Meski tidak populer di luar Jepang, anime klasik Anpanman (アンパンマン)  termasuk salah satu anime terpopuler lho di kalangan anak-anak Jepang. Sejak pertama ditayangkan pada 1979, anime dengan karakter yang terbuat dari roti ini sudah dicintai anak-anak. Karakter Anpanman sendiri terinspirasi dari Anpan (roti berisi pasta kacang merah) yang bertarung dan membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

4. Sailor Moon

Usagi Tsukino (Sailor Moon) dalam trailer Sailor Moon Eternal. (Youtube: sailormoon-official)
Usagi Tsukino (Sailor Moon) dalam trailer Sailor Moon Eternal. (Youtube: sailormoon-official)

Siapa sih anak cewek yang gak tahu Sailor Moon? Ya, anime klasik ini sangat populer, bahkan hingga sekarang! Anime ini menceritakan tengan siswi SMP bernama Usagi Tsukino yang dapat berubah menjadi Sailor Moon. Bersama Sailor Soldiers lain, ia bertarung melawan para penjahat dan mencari Silver Crystal yang legendaris. Anime mahou shoujo ini juga telah diadaptasi ke seri live action dan drama musikal lho!  

5. My Neighbor Totoro

Semua anime produksi Studio Ghibli memang mampu mencuri hati setiap orang dari kalangan usia, seperti My Neighbor Totoro (となりのトトロ) yang dirilis pada tahun 1988.  Film anime ini menceritakan tentang Satsuki dan Mei yang mengalami berbagai hal aneh setelah melihat mahluk misterius bernama Totoro di desa tempat tinggal baru keluarganya. Dengan tema seperti itu, tentunya anime ramah keluarga ini amat menyentuh hati.