Share on

Tentunya ada banyak hal yang menarik dari anime-anime yang terkenal, baik itu anime klasik maupun anime baru. Namun tahukah kalian, bahwa kadang kala ada cerita konyol di balik pembuatan manga dan anime tersebut. Berikut adalah beberapa kisah di balik layar manga dan anime yang kita semua sudah kenal baik, yang dimuat di naver.matome.jp.

Advertise With Us

Kisah Unik di Balik Layar Beberapa Anime Terkenal
(image: anime.es)
  1. Dragon Ball

Dragon Ball karya Akira Toriyama mungkin adalah salah satu manga dan anime yang kalau sampai ada teman kalian yang tidak tahu, mungkin kalian akan menyangka ia adalah orang planet lain yang menyamar jadi manusia. Nah, di seri legendaris ini pun ada cerita di balik layar seperti:

  • Karakter penjahat di Dragon Ball, seperti Frieza, Cell, dan Majin Bhu dibuat saat serialisasi manga-nya dengan sang editor sebagai model bentuknya.
  • Alasan mengapa manusia Super Saiya berambut pirang adalah karena menggambarnya jadi lebih mudah dibanding kalau harus menggambar rambut hitam.
  • Itu juga alasan kenapa bintik-bintik di badan Cell makin berkurang sedikit setiap kali ia berubah bentuk.
  • Karena tidak diperbolehkan menghentikan serialisasi Dr. Slump, Toriyama memaksa untuk menghentikan serial itu dengan janji akan membuat karya baru. Karya baru itu yang kita kenal sebagai Dragon Ball.
Kisah Unik di Balik Layar Beberapa Anime Terkenal
(image: idigitaltimes.com)
  1. Bishoujo Senshi Sailor Moon

Sailor Moon mungkin adalah salah satu manga dan anime di genre mahou shoujo yang paling dikenal, yang masih memiliki fans berat sampai sekarang. Berikut kisah di balik layar mahakarya terkenal buatan Naoko Takeuchi ini:

  • Awalnya Usagi Tsukino didesain sebagai karakter berkacamata, namun karena menggerakkan karakter berkacamata dalam anime itu sulit, maka sedikit demi sedikit adegannya berkacamata dihilangkan.
  • Pada awalnya rambut Usagi berwarna putih atau perak, namun penanggung jawab halaman sampul majalah Nakayoshi mengatakan bahwa warna kuning akan lebih bagus. Naoko Takeuchi menerima usulan itu sehingga rambut Usagi sampai sekarang berwarna kuning.
  • Poni rambut Usagi dijadikan model untuk membuat model rambut Misato Katsuragi dari seri Shinseiki Evangelion. Omong-omong, seiyuu-nya pun sama. Nampaknya sutradara Evangelion, Hideaki Anno sangat menyukainya.
Kisah Unik di Balik Layar Beberapa Anime Terkenal
(image: i.ytimg.com)
  1. Meitantei Conan

Anime Meitantei Conan mungkin adalah seri yang menyebabkan kalian bercita-cita jadi detektif. Anime yang memiliki banyak penggemar di Jepang dan di luar negeri ini juga rupanya menyimpan kisah unik di balik penciptaan kisah Conan dalam menyingkap misteri:

  • Ai Haibara didesain berdasarkan Irene Adler, musuh Sherlock Holmes. Di manga disebutkan bahwa I dari nama Ai berasal dari nama detektif V.I. Wachowski, namun di dunia nyata, sebenarnya I itu berasal dari Irene.
  • Walaupun panjang kaki Ran dan Conan berbeda, namun dalam anime-nya mereka selalu bisa berjalan sejajar. Ini karena sang animator sengaja membuatnya seperti itu agar Conan tidak tertinggal. Hal ini menyebabkan Ran terlihat makin baik hati.
  • ZARD seringkali mengisi soundtrack untuk Conan, dan ia banyak melakukan perubahan pada lagunya khusus untuk anime ini. Lagu karyanya di episode 97-115 dan dari episode 116 memiliki aransemen yang berbeda.
  • Lagu ZARD, "Unmei no roulette wo mawashite" yang digunakan di anime, temponya berbeda dengan yang ada di single maupun albumnya.
Kisah Unik di Balik Layar Beberapa Anime Terkenal
(image: naruto-blazing.net)
  1. Naruto

Salah satu anime ninja yang menghebohkan dunia persilatan.. eh.. dunia anime dan manga ini pun ternyata memiliki beberapa cerita di balik layar pembuatannya.

  • Pengarang Naruto menjadikan Shikamaru ber-IQ 200, namun setelahnya, ia suka kesulitan dan bingung sendiri karena IQ-nya sendiri tidak sampai 200.
  • Pengarang Naruto pun kesulitan karena banyaknya kagebunshin no jutsu saat serialisasi Naruto. Karena tidak mungkin di-power down dan jumlahnya makin bertambah, ia hanya bisa menyesalinya.
  • Masashi Kishimoto meminta desain karakternya dikerjakan oleh Tetsuya Nishio yang dikenal di seluruh dunia dengan karyanya, Jin-Roh agar desain karakter yang digunakan dapat diterima secara internasional.
  • BGM Naruto sejak awal dibuat dengan mempertimbangkan ekspansi ke luar negeri. Namun malah kurang cocok di telinga orang asing. Pada akhirnya dicarilah pengarang lagu yang bisa menggunakan wadaiko, shakuhachi, dan shamisen dalam penciptaan lagunya.

Demikian sekilas mengenai cerita-cerita di balik layar dari anime-manga terkenal kali ini. Apakah banyak di antaranya yang kalian sudah ketahui? Ataukah kalian tahu rahasia-rahasia lainnya di balik anime-manga yang terkenal?