SHARE THIS ARTICLE

Dalam upaya untuk mendapatkan kalangan dewasa muda untuk terlibat dalam pemilihan untuk Gubernur Tokyo berikutnya pada tanggal 16 Desember, pejabat komite pemilihan telah merekrut grup idol Jepang AKB48 untuk memublikasikan proses pemilu ini.

Sekitar 100.000 poster dan layar splash digital yang menampilkan anggota AKB48 akan dipasang di sekitar kota selama proses kampanye hingga pemilihan. Kampanye sendiri akan dimulai pada tanggal 29 November.

Minami Takahashi (21), Tomomi Itano (21), dan Yui Yokoyama (19) akan tampil dalam poster tersebut, di samping slogan “Aku memilih gubernur Tokyo selanjutnya.”

Sebuah halaman web dan halaman facebook khusus untuk keperluan ini, pertama dalam pemilihan gubernur di Tokyo, juga dijadwalkan untuk diluncurkan pada tanggal 26 November untuk meningkatkan kesadaran pemilu di kalangan anak muda.

AKB48 juga pernah direkrut untuk membuat orang mau datang ke TPS pada bulan April 2011 lalu, namun pengunduran diri tiba-tiba dari Gubernur Shintaro Ishihara bulan lalu menyebabkan gerakan AKB48 ini dilakukan lebih cepat dari yang diharapkan.

Persentase dari penduduk Tokyo yang berusia lebih dari 20 tahun yang memilih pada pemilu karena kampanye AKB48 pada tahun 2011 lalu dilaporkan sebesar 57,8%, naik 3,45% dari persentase tahun 2007. Di antara orang-orang berusia antara 20-40 tahun, peningkatan tersebut diperkirakan bergerak naik sebanyak 6%.

source : japantoday.com

COMMENT