SHARE THIS ARTICLE

TimunSelain menyehatkan, mentimun yang menyegarkan juga lezat dinikmati bersama nasi goreng dan nasi kuning, misalnya. Tapi, sayuran yang satu ini rupanya dibenci di salah satu kota di Jepang, lho.

Adalah kota Adose-cho di Perfektur Fukui yang membenci dan menabukan mentimun, baik memakannya ataupun menanamnya. Kenapa? Rupanya, keanehan ini bersumber dari Susanoo-no-Mikoto, dewa Kuil Yasaka di Fukui yang dipercaya menyimpan ‘dendam’ terhadap sayuran yang satu ini.

Dikisahkan, suatu hari sang dewa tengah berlindung dari badai petir di bawah rak yang menyimpan mentimun. Lalu, rak tersebut rupanya patah, hingga salah satu mentimun yang jatuh tepat di matanya membuat sebelah matanya buta. Dan, jadilah ia mengutuk sayuran tersebut selamanya.

Timun Susanoo
Menurut rumor, Susanoo terlihat sangat murka dalam lukisan ini karena ibunya memasukkan mentimun ke dalam salad-nya lagi.

Mungkin kalian berpikir, “Ada-ada saja ya…” Dan, meskipun (kalau tidak salah) Susanoo diyakini sebagai dewa badai yang kuat dan merupakan saudara dewa matahari Amaterasu, toh warga di kota kecil berpopulasi 60 orang ini tetap mempercayai kisah tersebut dan memegang teguh sikap anti-mentimun mereka. Penduduknya juga memang didominasi oleh orang-orang lanjut usia, jadi mungkin maklum saja ya jika pemikiran mereka masih sedikit kolot…

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT