SHARE THIS ARTICLE
image: samanthamariko.com
image: samanthamariko.com

Tanabata atau “malam ketujuh” adalah salah satu festival musim panas paling terkenal di Jepang yang diperingati setiap tanggal 7 Juli. Festival ini menarik karena di sinilah banyak orang menulis permohonannya dalam beragam kertas warna-warni dan menggantungnya pada dahan pohon bambu. Dipercaya ini semua berasal dari cerita rakyat tentang sepasang kekasih yang saling melintas galaksi untuk bertemu dalam satu malam selama setahun. Malam itulah yang diperingati sebagai malam Tanabata.

Kendati diperingati di banyak tempat di Jepang, ada enam festival Tanabata yang paling terkenal dan sangat layak untuk dikunjungi. Tidak semua jatuh pada 7 Juli karena banyak juga yang merayakannya di bulan Juni dan Agustus.

1. Sendai Tanabata Festival

Mungkin inilah festival Tanabata yang paling terkenal di Jepang. Banyak dekorasi indah dipajang dari pusat perbelanjaan sampai ke Sendai Station, Prefektur Miyagi. Banyak event yang digelar di hari itu, dari siang sampai malam antara 6 sampai 8 Agustus.

2. Shonan Hiratsuka Tanabata Festival

Festival ini dulunya dimulai sebagai upaya pemulihan Prefektur Kanagawa dari Perang Dunia Kedua. Dari tanggal 8 sampai 10 Juli akan ada lebih dari 500 jenis dekorasi yang dapat mencapai tinggi 50 meter lebih di pusat perbelanjaan JR Hiratsuka Station. Parade dan pertunjukan jalan juga akan digelar di sana.

3. Anjo Tanabata Festival

Inilah salah satu festival Tanabata yang paling panjang menghias jalanan Jepang. Selain itu festival yang digelar dari tanggal 5 sampai 7 Agustus ini pernah mencetak rekor permohonan kertas di bambu paling banyak di dunia pada tahun 2013.

4. Yamaguchi Tanabata Lantern Festival

Festival yang diadakan dari tanggal 6 sampai 7 Agsutus ini berasal dari era Muromachi (1336 sampai 1573) di mana penguasa saat itu berdoa kepada leluhurnya dengan lentera tergantung di bambu ketika musim Bon. Inilah keunikan di festival yang terletak di Prefektur Yamaguchi ini.

5. Kyo no Tanabata

Biasanya diadakan di Prefektur Kyoto pada bulan Agustus dan diadakan di beberapa tempat. Dua festival yang paling utama ada di Hirokawa dan Kamogawa. Setiap festivalnya memiliki jalanan yang terang dengan pameran dan dekorasi bambu. Akan diberikan hadiah khusus di Hirokawa bila kalian datang dengan kimono atau yukata.

6. Tanabata di Tokyo Disney Resort

Di taman bermain Prefektur Chiba ini ada parade spesial di mana para karakter Disney menggunakan kostum Tanabata dua kali sehari. Ada booth spesial yang telah dibuat untuk para pengunjung menulis permohonannya. Diadakan setiap mendekati tanggal 7 Juli.

Mana yang paling menarik dan ingin kalian kunjungi?

Source : japantoday.com
COMMENT