SHARE THIS ARTICLE

Penggemar kuliner silakan merapat!

Dianugerahi empat musim membuat Jepang memiliki variasi makanan yang sangat luas. Di musim gugur ini bahkan mereka memiliki istilah shokuyoku no kai atau nafsu makan musim gugur. Tidak mengherankan karena saat daun-daun mulai berubah warna, itulah saat panen mulai datang. Makanan lezat pun hadir karena rempah-rempah, labu, apel, jahe dapat dengan mudah ditemukan pada musim ini. Ingin mencoba makanan Jepang yang khas? Simak 5 rekomendasi ini yang diambil dari seri WTF Rocketnews.

1. Makanan berwarna Ungu, Terung dan Ubi Ungu

5-makanan-jepang-terbaik-di-musim-gugur-5

Salah satu makanan musiman yang bisa ditemukan ketika musim gugur di Jepang adalah terung dan ubi jalar. Musim ini merupakan musim panen bagi dua tanaman tropis tersebut. Pada musim ini orang Jepang mengatakan bahwa terung dan ubi jalar berada pada puncak kenikmatan dan kelezatannya. Bahkan terung dipandang sebagai sebuah kelezatan sepanjang musim gugur hingga terdapat pepatah “Aki nasu wa yome ni kuwasu na” yang berarti jangan menyia-nyiakan terung di saat musim gugur.

Untuk ubi jalar tampaknya tidak perlu banyak penjelasan. Umbi-umbian ini dapat dengan mudah diolah menjadi cemilan baik cupcakes, craker, dan lain-lain.

2. Jamur Matsutake

5-makanan-jepang-terbaik-di-musim-gugur-4

Musim gugur adalah musim di mana jamur terenak di Jepang muncul. Jamur ini tumbuh di bawah daun-daun hutan pinus dan menjadi jamur termahal di Jepang saat dipanen di musim gugur. Rasanya yang sangat nikmat dan memiliki aroma unik dan kuat. Jamur ini biasanya diolah menjadi matsutake gohan, sup osuimono, dan dobin muchi. Kelangkaannya membuat jamur ini dihargai sekitar 100 Dollar US per setengah gram. Wow!

3. Ikan Sanma (Sauri Pasifik)

5-makanan-jepang-terbaik-di-musim-gugur-3

Ikan sanma atau yang juga dikenal dengan nama sauri pasifik menjadi salah satu makanan musim gugur yang sangat dinanti. Waktu di mana sauri pasifik bermigrasi dari laut di sekitar wilayah Jepang Hokkaido ke perairan selatan yang lebih hangat adalah di musim gugur. Oleh karena itu pada musim ini akan lebih mudah menangkap ikan sanma. Orang Jepang biasanya membakar ikan sanma dan disajikan dengan nasi hangat.

4. Kastanya

5-makanan-jepang-terbaik-di-musim-gugur-2

Saat musim gugur tiba saatnya semua orang akan seperti tupai memakan biji-bijian. Kastanya adalah salah satu yang paling dicari tupai sebagai persiapan makanan musim dinign. Di Jepang kastanya dipanen dan diolah menjadi makanan manis atau hidangan penutup yang lezat seperti Mount Black Cake, dango kastanya dan kastanya krim dorayaki.

5. Beras Baru

5-makanan-jepang-terbaik-di-musim-gugur

Mungkin ini terdengar aneh tetapi orang Jepang sangat menyukai beras baru. Musim gugur merupakan musim baru sehingga beras baru menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Beras yang baru panen memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan beras lama. Menurut orang Jepang beras ini memiliki tekstur yang lebih lembut, aroma yang wangi, dan rasa yang lebih kuat.

Itulah makanan Jepang yang sangat dinantikan oleh masyarakat ketika musim gugur telah tiba. Mana yang paling kalian suka?

Source : rocketnews24.com
COMMENT