SHARE THIS ARTICLE

Setiap negara memiliki tradisi unik dan berbeda untuk memulai awal tahun baru. Salah satunya adalah perayaan tahun baru di Jepang yang dalam bahasa Jepang disebut shougatsu. Di Jepang, masyarakatnya memiliki beberapa tradisi yang biasa mereka lakukan untuk memulai awal tahun. Mereka percaya apa yang mereka lakukan dan dapatkan di awal tahun akan menentukan bagaimana kehidupan selama setahun ke depan. Berikut ini adalah tradisi unik orang Jepang saat memulai awal tahun.

1. Hatsuyume (Mimpi pertama di awal tahun)

Hatsuyume berarti mimpi pertama di awal tahun. Orang Jepang percaya jika mereka memimpikan gunung Fuji, elang dan terong maka akan mendapat keberuntungan di tahun tersebut. Kepercayaan ini sudah muncul sejak zaman Edo. Tiga hal ini dikarenakan gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, elang adalah burung yang cerdas dan kuat, dan terong (dalam bahasa Jepang disebut nasu atau nasubi) berarti mencapai sesuatu yang besar. Selain itu ada juga yang beranggapan bahwa Gunung Fuji, elang, dan terong awal adalah kesukaan dari penguasa Jepang yang terkenal, Shogun Tokugawa Ieyasu.

2. Hatsumode (berkunjung ke kuil di awal tahun)

Setiap tanggal 1 sampai 3 Januari akan banyak penduduk Jepang yang berkunjung ke kuil untuk berdoa dan membuat keinginan. Hal ini dikarenakan banyak dari pekerja yang libur pada tanggal tersebut. Mereka biasanya mengambil jimat untuk tahun ini dan membuang jimat tahun lalu.

3. Hatsuhinode (Melihat matahari terbit di awal tahun)

Mayoritas dari masyarakat Jepang beragama Shinto (menyembah matahari). Mereka percaya melihat matahari terbit di hari pertama bulan Januari juga dapat membawa keberuntungan dan harapan. Banyak orang Jepang merencanakan terlebih dahulu untuk melihat matahari terbit dari lokasi yang indah.

Sources :
COMMENT