SHARE THIS ARTICLE

Wow! Peneliti dari Jepang telah menemukan cara untuk menciptakan 'Peri Cahaya' yang bisa disentuh!Dengan menggunakan laser berkecepatan tinggi, sebuah tim peneliti dari Jepang telah menemukan cara untuk menciptakan tampilan plasma yang dapat disentuh di udara. Cahaya ini tidak menghasilkan sensasi terbakar ketika disentuh, tidak seperti lampu laser pada umumnya. Para peneliti tersebut telah meningkatkan tingkat keselamatan dan membuat gambar-gambar yang mengambang aman untuk disentuh dengan meningkatkan kecepatan laser dari nanosecond menjadi femtosecond, yang adalah satu juta per satu miliar per satu detik.

Seperti dikutip dari news.discovery.com, para peneliti tersebut mengatakan bahwa sinar laser ini menghasilkan sensasi haptic, atau “gelombang kejut” yang terasa seperti “dorongan pada jari seakan-akan cahaya tersebut memiliki substansi fisik.” Plasma yang diinduksi laser yang tim peneliti dari University of Tsukuba, Utsunomiya University, Nagoya Institute of Technology dan University of Tokyo juluki “Peri Cahaya” ini mereka percaya memiliki keunggulan dibandingkan display 3-D lainnya.

Plasma yang diinduksi laser ini selain dapat dikendalikan dengan tepat, juga tidak memerlukan materi fisik dan tidak memerlukan kabel dan struktur yang menghalangi pandangan. Diharapkan plasma yang diinduksi laser ini akan menjadi berukuran lebih besar seiring dengan berjalannya teknologi, walau tampilannya saat ini berukuran kecil, hanya delapan milimeter kubik. Untuk lebih jelasnya, simak video di bawah ini!

Source : news.discovery.com
COMMENT