SHARE THIS ARTICLE

intelligent_glasses_ntt_docomo

Meskipun kota-kota besar di Jepang telah memasang Sign (tanda keterangan) di setiap sudut dan memakai bahasa Jepang dan Inggris, tetapi masih saja banyak wisatawan asing masih menghadapi kesulitan membaca teks yang ditemukan pada sign tersebut. Contohnya seperti menu, paket produk, dan billboard. Tetapi kesulitan tersebut dapat teratasi berkat NTT DoCoMo, operator ponsel terbesar di Jepang, dan kacamata baru mereka yang mampu menerjemahkan teks Jepang dengan seketika.

Secara resmi disebut “Intelligent Glass,” gadget ini diresmikan di Combined Exhibition of Advanced Technologies (CEATEC) fair di Jepang. Layarnya dibuat mirip dengan Google Glass dan memanfaatkan informasi dari remote server untuk menerjemahkan bahasa Jepang, Korea, China dan teks bahasa Inggris. Perangkat ini juga mampu mengenali wajah, mengingat nama, dan dapat mengubah setiap permukaan datar menjadi tablet dengan bantuan sebuah cincin khusus yang dipakai di jari penggunanya.

NTT DoCoMo menjanjikan untuk memproduksi masal kacamata ini pada saat Olimpiade 2020 di Tokyo, sebuah event yang akan menarik ribuan wisatawan asing mengunjungi Jepang, yang mungkin mayoritas tidak dapat membaca bahasa Jepang.

Sepertinya alat ini wajib untuk dimiliki bagi kalian yang tertarik untuk dapat menguasai bahasa dan tulisan Jepang.

Sumber : en.rocketnews24.com

COMMENT