SHARE THIS ARTICLE

hoshizuna-no-hama-6[6]

Hoshizuna no Hama adalah pantai kecil yang terletak di ujung utara dari pulau terpencil Iriomote Island di Prefektur Okinawa, di Jepang. Hoshizuna no Hama berarti “pantai pasir bintang”, dan dinamakan demikian karena butiran pasir yang ditemukan di sini berbentuk seperti bintang kecil. Ini bukan benar-benar pasir tapi organisme exoskeleton bersel satu yang kecil, berukuran hampir satu milimeter, yang disebut Baclogypsina sphaerulata yang hidup di antara rumput laut.

Baclogypsina sphaerulata adalah protozoa milik keluarga Calcalinidae. Exoskeleton mereka (atau cangkangnya) berbentuk seperti bintang dengan 5 atau 6 duri runcing atau lengan yang membantu mereka bergerak dari satu tempat ke tempat lain dan juga menyimpan beberapa diatom yang mereka makan. Kulit terluarnya terbuat dari kalsium karbonat, dan ketika mereka mati, mereka meninggalkan exoskeleton berbentuk bintang mereka yang terdampar di pantai dalam jumlah yang sangat besar.

hoshizuna-no-hama-5[6]

Waktu terbaik untuk menemukan makhluk-makhluk ini, atau lebih tepatnya kerangka mereka, adalah setelah topan ketika laut mengamuk menghempaskan mereka dari dasar laut ke pantai bersama dengan pasir segar. Di Iriomote Island, mereka dapat ditemukan di setiap pantai, jika Anda mencarinya dengan hati-hati. Mahluk ini melimpah di Hoshizuna no Hama. Salah satu alasan mereka terdapat begitu banyak di pantai-pantai di Samudera Indo Pasifik adalah karena mereka lebih suka perairan dangkal, dan sering menggunakan ganggang laut untuk menambatkan diri.

Penduduk setempat memiliki cerita yang berbeda. Menurut mereka, mahluk bercangkang berbentuk bintang ini adalah keturunan kecil dari rasi bintang Salib Selatan (Southern Cross) dan Bintang Utara. Anak-anak dari bintang-bintang ini lahir di laut dekat Okinawa, tetapi dibunuh oleh seekor ular raksasa. Kerangka kecil mereka-lah yang tersisa.

hoshizuna-no-hama-1[2]

hoshizuna-no-hama-2[2]

hoshizuna-no-hama-4[2]

Source : amusingplanet.com
COMMENT