SHARE THIS ARTICLE

Ada hal unik untuk menyaksikan para pebalap beraksi di lintasan sirkuit yang ditawarkan saat gelaran Nismo Festival di Fuji Speedway, Jepang, Minggu (30/11/2014). Para pengunjung yang memiliki tiket, bisa langsung menyaksikan pebalap favorit mereka beraksi dari jarak yang sangat dekat dan berada di trek secara bersamaan, melalui kegiatan yang disebut Circuit Safari.

wisata balap jepang (1)
Suasana dari dalam bis saat melaju di trek sirkuit (Sumber : – | Author : KompasOtomotif – Aris F Harvenda)

Para pengunjung disiapkan bus khusus yang akan ikut masuk ke trek bersama para pebalap. Bus yang digunakan sama seperti model yang biasa dipakai sebagai sarana angkutan umum, dan tidak ada modifikasi khusus. KompasOtomotif sempat merasakan pengalaman tersebut bersama beberapa media dari beberapa negara.

Sebelum berangkat, pemandu menyampaikan beberapa peraturan, seperti tidak diperkenankan berdiri atau pindah lokasi tempat duduk dan tetap menggunakan sabuk keselamatan. Dijelaskan pula, bus akan mengelilingi lintasan 2 lap. Pertama menyusuri sisi trek sebelah kanan lalu pindah ke sisi kiri di lap berikutnya.

Menegangkan
Mengasyikkan memang melihat dari dekat aksi pebalap melakukan manuver dan juga aksi menyusul. Sempat terjadi kondisi menegangkan ketika bus harus berbelok di salah satu tikungan seperti berputar arah dengan lebar trek cukup sempit. Tiba-tiba di saat bersamaan ada 2 unit GT-R GT3 mendekat dan siap berbelok.

wisata balap jepang (2)
Bis berada di trek bersama dengan mobil balap yang sedang latihan (Sumber : – | Author : KompasOtomotif – Aris F Harvenda)

Seolah tak mau mengalah, kedua pebalap tersebut tetap melaju menyusul bus di tikungan sempit. Bahkan, pengemudi bus juga tidak berusaha berhenti untuk memberikan jalan pada pebalap yang sedang berjibaku. Alhasil kedua mobil balap tersebut harus sedikit keluar trek dan sedikit slide saat kembali masuk jalur lintasan.

Jarak antara bus sangat sempit, bahkan secara kasat mata dari kabin diprediksi bakal bersinggungan antara bus dan mobil balap. Keahlian para pebalap dan supir bus yang cukup tenang akhirnya aksi terus berlanjut hingga finish tanpa ada kecelakaan.

Source : otomotif.kompas.com
COMMENT