SHARE THIS ARTICLE
Foto: KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images
Foto: KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images

Inovasi di Jepang sepertinya tak ada habisnya ya, ada saja penemuan baru yang muncul setiap beberapa waktu. Salah satunya adalah inovasi di stasiun kereta yang terletak di Osaka yang dapat mengetahui apakah penumpangnya sedang mabuk karena terlalu banyak minum bir. Dengan menggunakan 46 kamera, sistem kereta yang baru saja dipasang oleh West Japan Railway pada minggu ini akan mendeteksi sinyal atau tanda-tanda jika ada orang yang mabuk dan akan memberitahukannya kepada para petugas jika terjadi bahaya.

Seperti dilansir dari slate.com, ketika seseorang bergerak terlalu lama atau pingsan di bangku platform, sistem otomatis ini akan dapat memberitahu para petugas. Namun, karena masalah privasi sistem kamera tidak akan digunakan untuk memanggil pelaku dan mengidentifikasi mereka, sehingga hanya di-install untuk tujuan keselamatan saja.

Sistem ini dibuat karena Jepang memiliki banyak kasus di mana orang yang mabuk dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal di kereta dan sistem kamera baru ini bisa menjadi langkah pertama dalam menurunkan jumlah kasus tersebut. Perusahaan West Japan Railway menyatakan ingin meng-install sistem ini di banyak stasiun, namun saat ini sistem tersebut baru ada di stasiun Kyobashi.

Jadi, jangan coba-coba mabuk saat berada di stasiun kereta di Jepang ya!

Source : slate.com
COMMENT