SHARE THIS ARTICLE
Wah, di Owakudani, Jepang, ada telur ajaib berwarna hitam! (1)
Photo: Rosie Tulips

Ketika Gunung Hakone meletus 3.000 tahun yang lalu, letusannya begitu kuat sehingga membentuk kaldera vulkanik besar yang dinamakan Owakudani, yang juga dikenal sebagai ‘Great Boiling Valley.’ Selain itu, kolam air mendidih yang menghasilkan uap serta asap vulkanik dengan kandungan sulfur dioksida dan hidrogen sulfida juga terbentuk dari letusan gunung tersebut, yang masih aktif hingga kini. Dengan keadaan seperti itu Owakudani yang terletak di dekat Hakone, Jepang, sepertinya bukan tempat tujuan wisata yang ideal ya, tapi ternyata setiap tahunnya banyak orang yang berkunjung lho untuk mencari ‘Kuro-Tamago,’ telur hitam rebus yang “ajaib”!

Wah, di Owakudani, Jepang, ada telur ajaib berwarna hitam! (3)
Photo: GD Preston

Seperti dikutip dari odditycentral.com, warna hitam yang membuat telur ayam biasa ini menjadi terlihat aneh itu karena telur tersebut direbus di dalam kolam air panas yang kaya sulfur di Owakudani sehingga belerang dalam airnya bereaksi dengan cangkang telurnya. Telur-telur itu dimasak dalam wadah besar berbentuk kotak dari logam dan direndam selama sekitar satu jam ke dalam air dengan suhu 80 derajat Celcius, kemudian dikukus selama 15 menit di suhu 100 derajat Celsius. Walau cangkangnya berwarna hitam, bagian dalamnya masih tetap seperti telur rebus biasa dengan warna putih dan kuning.

Wah, di Owakudani, Jepang, ada telur ajaib berwarna hitam! (2)
Photo: Aapo Haapanen
Wah, di Owakudani, Jepang, ada telur ajaib berwarna hitam! (4)
Photo: Katy Ereia

Dengan menempuh perjalanan selama 15 menit atau mengambil jalur Hakone Ropeway turun ke Danau Ashi maka kalian bisa sampai ke tempat ini. Telur-telur hitam Owakudani yang dijual seharga 500 yen untuk lima butir ini sangat terkenal di seluruh Hakone dan banyak toko-toko di sekitar kota yang menjualnya. Menurut legenda, jika seseorang memakan telur rebus hitam di Owakudani maka akan dapat memperpanjang hidupnya hingga tujuh tahun. Mau coba memakan telur “ajaib” ini?

Source : odditycentral.com
COMMENT