SHARE THIS ARTICLE

Si robot ajaib yang bisa terbang dengan baling-baling bambu, Doraemon, punya museum di Kawasaki, sekitar 30 menit berkereta api dari Tokyo. Rabu (3/9/2014) kemarin merayakan ulang tahun ke-3 museumnya. Museum tersebut milik Fujiko Fujio, si pengarang, pembuat karakter Doraemon.

Tiket masuk Museum Fujiko Fujio Doraemon
Tiket masuk Museum Fujiko Fujio Doraemon

Sebagai peringatan diterbitkan buku dan video baru di toko yang ada di dalam museum tersebut dan dijual di cafe museum tersebut mengenai “Dunia Fujiko” Doraemon.

Jumlah pengunjung 2.011 orang dan diperkirakan akan melampaui 1,5 juta orang pada bulan September ini. Targetnya 50 juta orang dari 2011 sampai dengan akhir tahun ini.

Di dalam museum ada sekitar 130 poin menarik dari ruang pameran asli sang pencipta Doraemon menarik untuk dilihat. Barang yang dipajang pun berulang kali diganti, selain untuk menciptakan kesegaran agar tak bosan juga menjaga barang karya Fujiko Fujio terlindungi, meminimalkan degradasi kualitas karyanya. Apabila disoroti lampu terus (demi kemudahan melihat bagi pengunjung) akan terdegradasi karya tersebut. Segalanya dunia Doraemon sampai kue set menu, dan cangkir rilis terbatas juga bertema Doraemon.

Selain itu, publik pertama bagian dari putaran video ini yang asli dari “Kelahiran Doraemon” hanya dibatasi ulang tahun ke-3. Fotografi juga mengangkat orang tua dan anak-anak dari keluarga Doraemon.

Saya ingin menyebarkan daya tariknya seluas mungkin. Melalui berbagai pameran di luar negeri di masa depan, saya ingin menyentuh masyarakat ke banyak negara memperkenalkan pula guru Fujiko Fujio,” kata Direktur Okura Shunsuke kepada pers.

Bagi pecinta Doraemon di Indonesia pun bisa bergabung dengan Komunitas Doraemon Indonesia (KDI) yang akan melakukan pertemuan atau kopi darat, Minggu 14 September mendatang.

Akses KDI ini bisa dilihat di Facebook: https://www.facebook.com/groups/komunitasdoraemonindonesia/. Bergabung ke KDI tak ada biaya apa pun semuanya gratis bahkan ada kartu keanggotaan gratis.

COMMENT