SHARE THIS ARTICLE

Di kota Tokyo terdapat dua menara yang menjadi ikon dari negara Jepang, yaitu Tokyo Tower yang terletak di Taman Shiba dan Tokto Skytree yang berlokasi di Sumida, Tokyo. Dengan ketinggiannya yang menjulang, kedua menara tersebut memiliki ciri khasnya masing- masing. Tapi di antara dua menara tersebut, mana yang terbaik menurut kalian?

1. Tokyo Tower dan Tokyo Skytree Menjadi Menara Tertinggi di Jepang

Tokyo Tower atau yang kita kenal dengan menara Tokyo diresmikan pada tahun 1958 dengan ketinggian 333 meter. Dibangun sebagai tanda kemakmuran Jepang pasca perang, Tokyo Tower merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah mengalahkan menara Eiffel di kota Paris, Perancis.

Pemandangan dari atas Tokyo Tower
Pemandangan kota Tokyo dari Tokyo Skytree

Sejak dibuka untuk untuk umum pada tahun 2012, bangunan tertinggi di Jepang diambil alih oleh Tokyo Skytree. Menara ini memiliki ketinggian hampir 2 kali lipat dari tinggi Tokyo Tower. Dengan ketinggian 634 meter, menara ini menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia, hanya kalah dari Burj Khalifa (829,84 meter).

2. Keduanya Merupakan Menara Pemancar

Selain sebagai objek wisata, fungsi utama dari kedua menara tersebut adalah sebagai menara pemancar bersama untuk sejumlah stasiun TV di Tokyo.

Tokyo Tower
Tokyo Skytree

Tapi seiring berjalannya waktu, Tokyo Tower dikelilingi oleh banyak gedung-gedung tinggi sehingga tidak cukup tinggi untuk menyiarkan televisi terrestrial digital. Karena itulah enam stasiun penyiaran terestrial yang dikepalai oleh NHK membantu program pembangunan menara yang dipimpin oleh Tobu Railway ini.

3. Terlihat Cantik Saat Malam Hari

Kedua menara ini menjadi primadona saat malam hari, dengan hiasan lampu-lampu yang menghiasinya yang akan membuat kalian terpesona dengan keindahannya. Lampu-lampu tersebut akan muncul dengan warna yang berbeda, tergantung dengan musim maupun perayaan tertentu.

Tokyo Tower
Tokyo Skytree

Rasanya akan sangat sulit untuk menentukan mana yang terbaik dari dua menara di atas. Mengingat Tokyo Tower memiliki nilai historis yang besar, sedangkan Tokyo Skytree hadir dengan teknologi terbarunya.

Sources :
COMMENT