Tokyo Menuju Nara: Cara Tercepat dan Termudah untuk Sampai ke Nara

4 min


Nara adalah prefektur yang cukup besar di bagian selatan dan timur Osaka di wilayah Kansai Jepang, dan salah satu sumber terbesar perekonomian Kyoto, sebagai tempat teratas untuk dikunjungi. Kota yang penuh dengan kuil Buddha, rusa suci, dan pegunungan yang ditutupi sakura, menjadikannya lokasi yang wajib dikunjungi wisatawan mana pun. Kota Nara dulunya adalah ibu kota negara, dan bekas sejarahnya masih dapat dirasakan di setiap sudut jalan. Berikut adalah cara untuk pergi dari Tokyo ke Nara untuk memulai perjalanan kalian ke salah satu lokasi paling memoriam di Jepang!


Catatan : Jika kalian berencana untuk melakukan perjalanan domestik ke lokasi lain saat mengunjungi Jepang, membeli Japan Rail Pass sangat disarankan loh, karena memberi kalian akses perjalanan dengan kereta cepat tanpa batasan dengan pilihan 7, 14, ataupun 21 hari. Jika kalian bepergian dari Tokyo menuju Nara, Osaka atau Kyoto, dan kemudian ke Hiroshima, misalnya, cara tersebut jatuhnya akan lebih murah bila dibandingkan jika kalian membeli tiket kereta terpisah.

Kalian juga bisa mencoba paket tur all-in-one yang tersedia untuk wisatawan, seperti contohnya tur Nara dan Kyoto selama dua hari dari Tokyo, yang mencakup tiket kereta api, akomodasi, dan makanan.

Namun, jika kalian hanya ingin berkeliling sebentar di Nara, Osaka, atau sekitarnya, tiket kereta api sekali jalan mungkin, yah, bisa menjadi pilihan. Tapi baca terus artikel ini sampai habis, dan mungkin, kalian akan berubah pikiran.

Shinkansen (kereta cepat) : Pilihan Termudah

Tokyo Menuju Nara: Cara Tercepat dan Termudah Untuk Sampai ke Nara
Gambar oleh Tokyo Cheapo

Waktu

Perjalanan dari Tokyo ke Nara dapat dilakukan dengan cepat menggunakan shinkansen, memakan waktu sekitar 2,5 jam dari Tokyo ke Stasiun Kyoto, dan kemudian sekitar 50 menit dari sana ke Stasiun Nara menggunakan JR Nara Rapid Line (kereta reguler). Nozomi adalah shinkansen tercepat yang tersedia di rute ini, meskipun jika kalian memiliki Japan Rail Pass, kalian akan diarahkan ke kereta Hikari yang sedikit lebih lambat dan model serupa lainnya.

Tipe paling lambat adalah Kodama — ini adalah model lama yang memakan waktu hingga 3,5 jam untuk melakukan perjalanan dari Tokyo ke Kyoto. Secara umum, si lambat ini sebaiknya dihindari, tetapi memilihnya bisa menjadi cara untuk menghemat uang.

Biaya

Selama musim puncak liburan, yang meliputi liburan musim semi dan musim panas, Golden Week dan Tahun Baru, tiket kereta api sekali jalan + tiket sambungan yang dibeli di stasiun akan dikenakan biaya sekitar ¥ 14.650. Memilih Hikari dan bepergian di hari biasa akan memangkas biaya sampai beberapa ratus yen. Jika ingin lebih murah lagi, kalian dapat memilih tempat duduk tanpa reservasi (jiyuuseki), tetapi ini mungkin berarti kalian harus berdiri selama perjalanan. Lebih baik memilih tempat duduk reservasi (shiteiseki) dan memastikan perjalanan kalian nyaman.

Pilihan Diskon

Cara terbaik untuk memangkas biaya perjalanan shinkansen adalah dengan memanfaatkan JR Pass, yang tersedia untuk pengunjung jangka pendek di Jepang. Pilihan lainnya adalah membeli tiket Puratto (Platt) Economy Plan untuk Kodama dari Tokyo ke Kyoto — ini dijual oleh perusahaan bernama JR Tokai Tours seharga ¥ 10.300 – ¥ 11.600 per potong.

Penduduk jangka panjang yang tidak memenuhi syarat untuk promosi turis dapat memeriksa situs Jepang untuk menemukan berbagai penawaran khusus.

Penerbangan Domestik


Tokyo Menuju Nara: Cara Tercepat dan Termudah Untuk Sampai ke Nara
Gambar oleh Tokyo Cheapo

Penerbangan adalah opsi berikutnya yang banyak dipilih orang, dan memang benar, kalian dapat terbang dari Bandara Haneda atau Narita di Tokyo ke Bandara Kansai di Osaka dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit. Penawaran khusus sering kali tersedia di maskapai penerbangan bertarif rendah di Jepang, tetapi sebaiknya lakukan pengecekan mengenai waktu penerbangan dan harga sebelum memesan tiket, karena hal ini seringkali berubah dengan cepat dan terkadang membuat penawaran itu menjadi tidak terlalu menguntungkan.

Bis

Tokyo Menuju Nara: Cara Tercepat dan Termudah Untuk Sampai ke Nara
Gambar oleh Tokyo Cheapo

Pilihan termurah untuk pergi dari Tokyo ke Nara bisa dilakukan hanya dengan menaiki bus malam. Tiket satu arah biasanya mulai dijual sekitar ¥ 5.000, meskipun bisa saja dijual lebih murah tergantung pada musim. Bus berangkat dari stasiun kereta api utama di Tokyo, seperti Shinjuku, antara jam 9 malam sampai 11 malam, tiba di Nara sekitar jam 6:30 pagi. Bus-bus juga terkadang singgah di Kyoto dan Osaka. Disarankan mengecek terlebih dahulu pilihan yang tersedia pada tanggal perjalanan kalian.

Kereta Lokal

Tokyo Menuju Nara: Cara Tercepat dan Termudah Untuk Sampai ke Nara
Gambar oleh Tokyo Cheapo

Cara yang kurang umum dilakukan untuk pergi dari Tokyo ke Nara adalah dengan memilih kereta lokal. Meskipun pilihan tersebut bisa memakan waktu seharian penuh atau bahkan lebih, ini bisa menghemat beberapa yen — terutama jika kalian mempunyai tiket diskon Seishun 18. Tersedia di musim semi, musim panas dan musim dingin, tiket diskon ini dibandrol dengan harga ¥ 11.850 dan memungkinkan lima hari perjalanan (berturut-turut atau tidak) pada kereta JR lokal dan cepat. Satu tiket diskon dapat dibagi bersama kelompok, misalnya memberikan lima orang masing-masing satu hari perjalanan kereta api dengan biaya ¥ 2.370.

Untuk melihat rute apa yang dapat kalian ambil dengan menggunakan tiket Seishun, bukalah situs Hyperdia — cukup hapus tanda centang di semua kotak kecuali untuk Kereta Api Jepang dan lokal. Pemantauan terakhir, perjalanan dari Tokyo ke Nara tampaknya akan memakan waktu sekitar 9-10 jam, dengan enam transit diperlukan. Tanpa tiket Seishun 18, biaya regulernya sekitar ¥ 7,880, membuat bus malam atau penerbangan domestik menjadi pilihan yang lebih baik.

Kesimpulannya …

Pilihan yang paling mudah dan nyaman adalah dengan menggunakan shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan kemudian dilanjutkan dengan kereta penghubung ke Nara, terutama jika kalian memiliki Japan Rail Pass. Pilihan termurah sering kali bisa kalian tempuh dengan menggunakan bus.

Kalian juga bisa menyewa mobil dan berkendara dari Tokyo ke Nara. Namun, pilihan tersebut bisa kalian ambil kalau berpergian rama-ramai bersama , karena cara ini tidak terlalu ekonomis apabila hanya sendiri ataupun berdua — biaya bensin dan jalan tol bisa menjadi semakin mahal.

Jadi, kalau kalian ke Nara, jalur mana yang akan kalian tempuh? 🙂

Source : Tokyo Cheapo


What's Your Reaction?

LOL LOL
38
LOL
Sugoi! Sugoi!
51
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
76
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
88
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
101
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
115
Daisuki!
Kowai Kowai
126
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
63
Kawaii~
radishafira

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes