SHARE THIS ARTICLE
Tips Buat Kari Jepang di Dapur Sendiri (1)
Kari Jepang. (iStock)

Kari Jepang adalah salah satu jenis kari yang populer di seluruh penjuru dunia. Biasanya kari Jepang memiliki warna cokelat gelap dengan topping daging sapi, wortel dan kentang.

Saat ini telah banyak produk kari Jepang instan yang tersedia di pasaran. Anda dapat memasak sepanci kari Jepang lezat hanya dengan menggunakan kari instan yang umumnya berbentuk blok-blok tebal seperti cokelat.

Cukup didihkan air dan rebus daging serta sayuran kemudian Anda tinggal menambahkan blok kari ke dalamnya.

Meski begitu, terdapat beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan cita rasa kari instan agar hasilnya menjadi jauh lebih lezat dan tak kalah dari buatan restoran.

Untuk itu, berikut ini adalah sejumlah tipsnya yang dilansir dari Rocketnews24:

Karamelisasi bawang bombai

Para juru masak asal negeri sakura selalu memasak kari dimulai dengan menumis bawang bombai hingga layu dan terkaramelisasi sebelum menambahkan bahan-bahan lain. Bawang bombai mampu memberikan cita rasa manis alami yang lezat. Mereka juga merekomendasikan untuk menambahkan sedikit air agar bawang bombai tidak gosong saat menumis.

Rempah

Juru masak kari di Jepang juga sering menambahkan berbagai ragam rempah untuk memberi aroma serta cita rasa ekstra. Untuk warna yang lebih menggugah selera, Anda bisa menambahkan kunyit. Sedangkan untuk aroma, tambahkan jintan atau ketumbar. Jika ingin sentuhan rasa pedas, tinggal tambahkan cayenne pepper atau merica.

Tekstur

Jangan hanya menambahkan air saat melelehkan blok kari instan. Anda bisa menggunakan susu, krim atau bahkan yogurt agar tekstur kuah kari pun menjadi lebih smooth dan kental. Hal ini juga akan membuat kari buatan Anda menjadi kaya rasa.

Kreasikan bumbu

Foto: iStock
Foto: iStock

Walaupun kari instan telah mengandung bumbu yang cukup kuat, namun tak ada salahnya jika Anda ingin mengkreasikan bumbu. Tomat, acar buah plum, wine, buah citrus atau cuka hitam mampu menambah cita rasa pada kari favorit Anda.

Perhatikan cara lelehkan blok kari

Saat air rebusan mendidih, orang biasanya langsung menambahkan kari dan terus memasaknya di atas kompor hingga meleleh. Padahal langkah tersebut mampu merusak cita rasa kari. Untuk itu, ketika air telah mendidih Anda harus mematikan kompor terlebih dahulu sebelum memasukkan blok kari instan. Diamkan hingga blok kari meleleh dengan sendirinya, baru Anda boleh mengaduk dan menyalakan kembali kompor.

Ganti nasi

Kari tak melulu harus disandingkan bersama nasi putih. Anda pun bisa menyajikannya dengan udon atau ramen. Tinggal tambahkan topping seperti ayam katsu dan jamur panggang, kari instan pun menjadi lebih mewah.

Source : life.viva.co.id
COMMENT