SHARE THIS ARTICLE

teh-hijauBoleh jadi, selama ini, Anda sudah sering minum teh hijau sebatas tahu untuk tujuan menurunkan berat badan. Teh hijau ternyata tak hanya buat itu, lho!

Belum lama ini, hasil penelitian terbaru berhasil membuktikan bila minum teh hijau juga mampu menjauhkan peminumnya dari hinggapan flu. Penelitian Ilmuwan Jepang menunjukkan minum 2 cangkir teh hijau setiap hari mampu menjauhi risiko orang terkena flu hingga 70 persen.

Seperti dilansir Menshealth, Hiroshi Yamada MD Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu, yaitu katekin dan teanin. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit

Penelitiannya, dengan membandingkan antara partsipan peminum teh hijau dengan dua kandungan antioksidan itu, katekin dan teanin. Satu kelompok minum pil langsung yang mengandung 378 mg katekin (setara dengan 2 cangkir teh hijau) dan 210 mg teanin (setara dengan 4 cangkir) selama 5 bulan setiap hari. Hasilnya hanya 4 persen responden bisa menjauhi risiko terkena flu.

Hal yang berbeda terjadi ketika partisipan diminta minum langsung 2 cangkir teh hijau setiap hari. Hasilnya partisipan bisa menjauhi risiko terkena flu hingga 70 persen. “Katekin mampu mengikat virus influenza. Sedangkan teanin diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” ungkap Yamada.

Untuk mendapatkan manfaat minum 2 cangkir teh hijau itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Teh berupa rebusan daun lebih baik dari teh dalam kantung – Para ahli mengatakan teh dalam bentuk daun yang direbus memiliki konsentrasi senyawa katekin dan teanin yang lebih tinggi dibanding teh yang diseduh dari kantung.

2. Seduh teh dalam air yang panas dan lama – Menyeduh teh hijau dalam waktu yang lama pada suhu air lebih dari 100 derajat Celcius mampu meningkatkan konsentrasi katekin.

3. Jangan ganti teh hijau dengan yang lain – Teh hijau sebagai pencegah flu. Namun jika terpaksa tidak ada teh hijau dalam persediaan Anda, teh putih dan teh oolong bisa jadi alternatif penggantinya.

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry disebutkan teh hijau banyak mengandung katekin, antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

Selain katekin dan teanin, teh hijau juga kaya vitamin seperti A, B1, B12, C, E dan K. Teh hijau juga mempunyai mineral seperti kalsium, besi, seng dan lain-lain. Beberapa bahan lain dalam teh hijau adalah asam galat, minyak atsiri, karoten, serat makanan larut dan kecil jumlah karbohidrat.

Source : fastnewsindonesia.com
COMMENT