SHARE THIS ARTICLE

Turis yang liburan ke Jepang, pasti tak akan melewatkan nikmatnya ramen. Sayangnya, banyak turis yang tidak tahu bagaimana cara menikmati ramen yang benar layaknya penduduk lokal. Berikut tipsnya.

ramen slurp
image: hearingaids.tistory.com

Dihimpun detikTravel, inilah 4 cara menikmati ramen seperti penduduk lokal:

1. Mengenal kedai ramen

Sebelum menikmati ramen, alangkah baiknya kalau Anda mengetahui seperti apa tempat makan ramen. Restoran atau kedai ramen bukanlah tempat makan yang asyik dinikmati sambil ngobrol bersama teman, atau dinner romantis. Kedai ramen adalah tempat yang hanya cocok untuk memesan, membayar, makan dan pergi usai selesai makan. Itulah hal pertama yang perlu diketahui sebelum datang ke kedai ramen.

Selain itu, kedai ramen umumnya memiliki antrean yang panjang. Untuk itu, penduduk Jepang memiliki kebiasaan langsung pergi usai makan. Jadi, Anda juga baiknya melakukan hal tersebut agar tidak ditatap aneh oleh penduduk setempat.

2. Cari tahu isi ramen yang diinginkan

Ramen terdiri dari kuah, mie dan topping. Kuah adalah bagian terpenting dari ramen. Ada beberapa jenis kuah ramen yang perlu turis ketahui, yakni tonkotsu, shoyu, miso dan shio. Tonkotsu adalah ramen dengan mie putih dan berkaldu babi.

Shoyu adalah ramen dengan mie berwarna cokelat dengan kuah berbahan dasar kecap khas Jepang. Miso juga merupakan mie berwarna cokelat dengan kuah miso. Terakhir, shio adalah mie berkuah transparan dengan rasa asin.

3. Pilih topping yang disukai

Usai memilih jenis ramen, kini saatnya memilih jenis topping yang diinginkan. Ada beberapa jenis topping ramen yang bisa wisatawan pilih saat menyantap ramen. Cashu adalah daging babi barbekyu, narutomaki adalah daging ikan yang dicampur tepung. Tamago adalah telur, negi merupakan bawang bombay kering dan nori adalah rumput laut. Tinggal pilih mana yang lebih disukai.

4. Menyeruput

Salah satu hal yang wajib dilakukan saat menyantap ramen adalah menyeruput hingga mengeluarkan bunyi, “Slurp!” Ini adalah tanda Anda menikmati ramen. Bukan cuma menikmati, menyeruput ini juga tanda kalau Anda menghormati dan menyukai racikan sang chef.

COMMENT