SHARE THIS ARTICLE
(Foto: 17parkside)
(Foto: 17parkside)

Anda penyuka ramen? Masakan asal Jepang ini memang sudah semakin menjamur di Ibu Kota. Yuk, kenali lebih dekat isian ramen.

Semangkuk ramen memiliki belasan jenis isian. Berikut beberapa di antaranya, seperti diulas Seriouseats.

Telur
Telur tidak dapat dihilangkan dari menu ramen. Ramen original berisi telur rebus yang kemudian dibelah dua. Terdapat dua macam telur yang biasanya digunakan, yakni:
Ajitsuke tamago. Secara harfiah, ini berarti “bumbu yang diberikan pada telur”. Ini adalah telur rebus lembut yang yang telah direndam selama beberapa jam dalam saus kedelai dan mirin. Rasanya asin dan manis dengan warna emas pada kuning telurnya.
Onsen tamago. Onsen tamago adalah telur direbus lunak yang awalnya dibuat di onsen (pemandian air panas di Jepang). Kini, onsen tamago diolah dengan oven berteknologi tinggi bergaya sous-vide. Telur dimasak lambat, dengan suhu sekitar 60-63 derajat Celsius. Dengan suhu tersebut, bagian putih telur akan bertekstur lembut sedangkan kuningnya masih berair. Bagi yang menyenanginya, telur rebus setengah matang ini terasa sempurna ketika diaduk bersama dalam sup dan menambah kekayaan rasanya.

(Onsen tamago/Foto: seriouseats)
(Onsen tamago/Foto: seriouseats)

Sayur segar
Ada beberapa sayur segar di dalam ramen.
– Daun bawang. Ini adalah penyempurna ramen. Tidak ada semangkuk ramen yang lengkap tanpa irisan halus daun bawang. Bahkan, ramen instan sekalipun akan memasukkan daun bawang kering dalam paket bumbunya.
– Kubis. Ini merupakan cara cepat, mudah, dan murah untuk menambahkan nilai gizi pada semangkuk ramen. Kubis biasanya diiris kasar atau dipotong kotak-kotak besar, dan umumnya digoreng atau direbus sebelum ditambahkan ke mangkuk ramen.
– Jagung. Ini adalah tambahan populer ramen di Jepang, terutama di prefektur utara Hokkaido, di mana jagung dan mentega digunakan untuk semangkuk ramen berbasis miso.
– Jamur enoki. Sayuran ini ditambahkan saat ramen akan dihidangkan karena cepat empuk. Jamur enoki menambahkan rasa manis yang ringan pada ramen.
– Bawang putih. Bumbu bawang putih segar dapat ditambahkan dalam bentuk parutan.
– Bayam. Bayam tidak terlalu umum di restoran, tetapi merupakan pilihan populer untuk mereka yang mengolah ramen di rumah. Sayuran tumis umumnya dipasangkan dengan ramen miso, bersama kubis, wortel, tauge, dan daun bawang.
– Sayuran kalengan, biasanya jamur kuping.
Kimchi sebagai topping.
Nori alias rumput laut kering, yang biasanya digunakan untuk membungkus sushi roll. Nori dapat diparut dan ditaburkan di atas ramen ataupun dalam bentuk yang disajikan di sisi ramen. Nori menambahkan aroma halus dan tekstur renyah di antara gigitan sup.

(Nori/Foto: seriouseats)
(Nori/Foto: seriouseats)

Wakame adalah jenis lain dari rumput laut yang biasanya Anda temukan pada semangkuk sup miso. Wakamen, yang bertekstur licin, menambah aroma ‘laut’ pada ramen.
Beni shoga. Ini adalah acar jahe yang diiris tipis. Warnanya merah terang, juga ada yang pink. Rasa beni shoga cenderung lebih tajam daripada acar jahe yang menyertai sushi. Ini juga dipasangkan hampir secara eksklusif dengan kaldu tonkotsu.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT