SHARE THIS ARTICLE

Sekotak Harapan, anime bernuansa lokal karya mahasiswa Politeknik Negeri PontianakPotion Animation, sebuah klub animasi baru, baru saja merilis sebuah video animasi original karya mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak yang mengangkat konten nasional. Video animasi ini menceritakan tentang usaha keras seorang siswa yang ingin mencapai cita-citanya.

Animasinya dikerjakan semirip mungkin dengan proses anime aslinya, yaitu menggunakan teknik frame-by-frame atau menggambar manual setiap frame-nya dan dianimasikan sebanyak 8 gambar/detik. Proses penggambarannya mulai dari menggambar manual di atas kertas, kemudian di-trace dengan komputer. Projek ini menghabiskan 145 lembar kertas tidak termasuk adegan yang dihapus dan dikerjakan selama 3 bulan oleh 14 orang dengan tugas yang berbeda.

Animasi ini original buatan mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak, mulai dari animasi dan suaranya. Anggotanya kebanyakan adalah pemula dan belajar secara otodidak. Sebagian besar dari pembuatnya adalah penggemar anime yang ingin membuat animasi sendiri. Dalam pengerjaannya tidak ada yang menggunakan wacom atau alat khusus lainnya, namun menggunakan tracepad atau mouse. Mereka menggunakan fasilitas seadanya terutama pada proses rekaman dan menghabiskan 2 butir telur dalam proses rekamannya.

Beberapa background dalam video animasi ini memang benar-benar ada di Pontianak seperti sekolah, jalan, dan kafe.

Yuk, share video ini untuk mendukung perkembangan animasi mereka! Like juga fanpage Polnep Animation untuk mendapatkan informasi tentang pembuatan, fakta, dan informasi lainnya di https://www.facebook.com/PotionPolnep

Simak videonya di bawah ini!

COMMENT